facebook pixel

Detail Article

4 Rekomendasi Tempat Wisata Edukatif di Sentul

4 Rekomendasi Tempat Wisata Edukatif di Sentul

Akhir pekan menjadi saat yang paling ditunggu banyak orang. Apalagi jika Anda merupakan seorang karyawan yang banyak menghabiskan waktu di kantor, akhir pekan tentu menjadi kesempatan emas bagi Anda untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Biasanya, orang-orang yang tinggal di kawasan perkotaan seperti Jakarta lebih sering menghabiskan weekend ke pusat-pusat perbelanjaan ternama. Tapi, tahukah Anda bahwa sebenarnya ada banyak tempat wisata edukatif di Sentul yang bisa mejadi pilihan untuk Anda dan keluarga menghabiskan waktu. Selain menyegarkan, berkunjung ke tempat-tempat ini tentu juga akan menambah wawasan anak.

(Baca juga: Bosen Liburan di Kota? Saatnya ke Tempat Wisata Alam Sentul Ini!)

Lalu, tempat wisata edukatif apa saja yang bisa Anda kunjungi di kawasan Sentul, Bogor? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Taman Budaya Sentul

Taman Budaya Sentul sudah berdiri sejak tahun 1994. Untuk masuk ke tempat wisata ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang. Biaya hanya dikenakan jika Anda menjajal wahana-wahana yang ada seperti flying fox, paintball, panahan, trampolin dan menunggang kuda poni. Anak-anak juga bisa mengasah kreatifitas mereka dengan bermain tanah liat, membatik atau melukis laying-layang.

Selain itu, di Taman Budaya Sentul juga terdapat area Green Centrum seluas 3000 meter persegi yang sering digunakan sebagai tempat perhelatan besar perusahaan atau keluarga.

Lelah berkeliling? Tenang! Di sini, Anda tidak akan kesulitan mencari tempat makan karena terdapat beberapa restoran dan juga food court yang akan menyajikan hidangan-hidangan istimewa untuk Anda.

Menariknya, tempat wisata ini tak hanya menyediakan wahana untuk bermain dan belajar, namun juga menyuguhkan pemandangan yang indah. Taman Budaya Sentul juga dipercantik dengan kehadiran Gunung Pancar, Gunung Geulis, Gunung Gede, Gunung Salak serta Bukit Hambalang.

(Baca juga: Belum Punya Rencana Weekend? Coba Ke Cafe di Sentul Ini Yuk!)

2.  Kuantum Farmfield

Kuantum Farmfield

Tempat wisata edukatif yang berlokasi di Jalan Raya Tajur, Bogor ini merupakan kawasan agrowisata yang memadukan peternakan, perkebunan, perikanan dan pertanian berbasis organik. Tempat ini sangat cocok untuk anak-anak yang ingin lebih mengenal tumbuhan dan hewan.

3. Eco Art Park

Eco Art Park sering juga disebut Taman Energi Eco Park. Tujuan dibangunnya taman yang dikelola oleh Komunitas Migas Indonesia (KMI) bekerjasama dengan Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) ini adalah untuk memperkenalkan dan mengedukasi masyarakat mengenai energi. Tak hanya itu, taman ini juga memamerkan berbagai hasil karya seni lho, khususnya patung.

Secara keseluruhan, taman ini dibagi menjadi dua area yaitu taman ilmu pengetahuan (science garden) dan taman patung (sculpture garden).  Science garden berisi hal-hal yang berhubungan dengan energi. Anak-anak dapat belajar sambil memperhatikan proses merambatnya suara.

Sementara di taman patung, Anda bisa melihat patung-patung robot yang terbuat dari sparepart mobil bekas. Ada pula karya seni rupa tiga dimensi yang memanfaatkan bekas gerbong kereta. Seru sekali ‘kan?

(Baca juga: 4 Rekomendasi Tempat Wisata Di Sentul yang Instagramable)

4. Sentul Fresh Farm

Sentul Fresh Farm merupakan salah satu tempat wisata berbasis pertanian dan peternakan. Biasanya, tempat ini dibuka untuk wisata edukasi anak, mulai dari TK sampai SMA. Namun, tak jarang terdapat keluarga yang mengunjungi tempat ini secara pribadi.

Biaya yang dikenakan untuk memasuki tempat wisata ini tergantung pada paket kegiatan yang sudah ditetapkan. Sekali masuk, Anda akan dikenakan biaya Rp 100.000/peserta untuk paket wisata edukasi. Nah, untuk paket keluarga Anda akan dikenakan Rp 200.000 dengan maksimal 4 anggota dan dikenakan tambahan biaya Rp 50.000 untuk setiap pertambahan 1 anggota.

Kegiatan yang bisa Anda dan keluarga ikuti diantaranya memberi makan ikan, menangkap burung merpati, memberi makan rusa, kelinci dan sapi, memerah susu sapi, hingga menunggang anak sapi.

Selain belajar tentang hewan, anak-anak juga bisa melakukan kegiatan observasi tanaman lho, mulai dari tanaman obat, tanaman hias, tanaman pagar, buah-buahan dan lainnya.

5. Kampung Wisata Sentul (KWS)

Kampung WIsata Sentul

Di tempat wisata Sentul ini, Anda bisa mengajarkan anak Anda untuk lebih mengenal macam buah-buahan. Beberapa buah yang ditanam di kebun ini adalah mangga, durian, rambutan, sawo, manggis, jeruk, jambu biji, kelengkeng dan belimbing. Selain lebih mengenal jenis-jenis buah, Kampung Wisata Sentul juga menyediakan arena bermain anak-anak, kolam pemancingan, area outbond dan lahan untuk camping.

Itulah beberapa tempat wisata edukatif di Sentul yang bisa menjadi referensi bagi Anda dan keluarga untuk menikmati akhir pekan. Bagaimana, sobat Olympic tertarik untuk datang ke salah tempat wisata di Sentul tersebut?

Related Posts:

Bosen Liburan di Kota? Saatnya ke Tempat Wisata Alam Sentul Ini!

Bosen Liburan di Kota? Saatnya...

Liburan, memang waktu yang paling ditunggu bagi banyak orang. Terutama bagi Anda yang menjalankan aktifitas penuh sehari-hari. Namun, jika Anda tinggal atau bekerja di kawasan perkantoran yang sangat sibuk seperti Jakarta, pastiny...

Investasi Apartemen di Sentul Makin Cemerlang. Investor Harus Bersiap!

Investasi Apartemen di Sentul ...

Belum lama ini, pemerintah baru saja mengeluarkan kebijakan mengenai pelonggaran Loan To Value (LTV) berupa pembebasan uang muka pada pembelian hunian pertama. Selain memudahkan masyarakat untuk memiliki tempat tinggal, secara...

whatsapp phone sms telegram