facebook pixel

Detail Article

Alasan Apartemen di Kawasan Penyangga Jakarta Makin Diminati

apartemen di kawasan penyangga Jakarta

Maraknya pembangunan properti khususnya hunian di kota Jakarta semakin membuatnya sesak. Belum lagi harganya yang mahal menjadi alasan warga Ibukota mulai memilih apartemen di pinggiran Jakarta.

Selain harga apartemen lebih murah, di daerah penyangga Jakarta seperti Bogor, Depok, Bekasi dan Tangerang juga sudah mulai ada pembangunan infrastruktur transportasi yang memadai. Tentunya hal ini menjadi daya tarik masyarakat.

Saat ini pemerintah sedang mentransformasi sistem transportasi menjadi konsep Transit Oriented Development (TOD). Konsep ini sudah diterapkan di beberapa kota besar dunia seperti New York (Amerika) dan Singapore. Tujuannya adalah mendorong masyarakat menggunakan transportasi publik dan mengurangi kepemilikan kendaraan.

(Baca: Nikmati Hidup Nyaman Bebas Macet di Apartemen Berkonsep TOD).

Pembangunan unit apartemen hingga tahun 2020 diprediksi akan meningkat hingga 62.116 unit. Alasannya, pembangunan pada 2017 paling rendah (hanya 8.130 unit dari target 21.167) dalam kurun waktu 7 tahun terakhir.

Hal ini akan memunculkan kemungkinan investor menahan pembelian apartemen karena peningkatan harga yang terbatas yaitu hanya di kisaran 5-6%. Sehingga, penjualan apartemen akan didominasi untuk penggunaan pribadi (hunian).

Sebenarnya, potensi penjualan apartemen di setiap daerah berbeda. Misalnya saja di Tangerang yang sudah nyaman menjadi kawasan hunian sama seperti Sentul, Bogor.

Menurut Senior Associate Director Colliers Indonesia, Ferry Salanto, peraturan pemerintah akan lebih populis sehingga akan terjadi kenaikan daya beli masyarakat khususnya masyarakat menengah ke bawah. Jadi kuncinya adalah pertumbuhan ekonomi stabil, situasi politik yang aman, dan regulasi yang mendorong masyarakat untuk lebih nyaman melakukan konsumsi.

Harga apartemen di kawasan luar Jakarta khususnya kota Bogor masih berada di kisaran 300 juta hingga 700 juta. Sehingga harganya masih terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah. Namun, dia mengusulkan agar perbankan memberikan kemudahan dari sisi pembiayaan.

“Terutama bunga bank harus rendah karena sebetulnya bisa jadi pendapatan juga bagi bank, tapi kalau bunga masih tinggi kan susah,” tutur Ferry.

Related Posts:

4 Rekomendasi Tempat Wisata Di Sentul yang Instagramable

4 Rekomendasi Tempat Wisata Di...

Bagi sebagian orang, pergi ke mall di akhir pekan mungkin sudah membosankan. Padahal Anda bisa mencari alternatif wisata lain yang tak kalah asik dan mudah di jangkau. Bicara tentang tempat wisata, beruntunglah Anda yang tingga...

7 Alasan Apartemen di Bogor jadi Prospek Investasi Menjanjikan

7 Alasan Apartemen di Bogor ja...

Apartemen adalah salah satu hunian yang kini banyak diincar para pemburu properti. Pasalnya, selain memiliki banyak pilihan tipe unit dengan harga yang bervariasi, biasanya apartemen berada di lokasi strategis dan dekat pusat ...

Misteri Hilangnya Angka 4 dan 13 di Lift, Ternyata Ini Jawabannya!

Misteri Hilangnya Angka 4 dan ...

Jika Anda tinggal di apartemen, menginap di hotel, atau bekerja di gedung pencakar langit, Anda pasti sering menggunakan lift untuk berpindah lantai. Saat menggunakan lift, coba perhatikan, ternyata terdapat beberapa nomor lantai ...

6 Alasan Memilih OLYMPIC RESIDENCE Untuk Investasi Apartemen di Bogor

6 Alasan Memilih OLYMPIC RESID...

Dunia properti memang seakan tidak ada matinya. Hampir setiap tahun selalu ada developer yang mengembangkan properti, baik itu berupa perumahan, apartemen, kondominium, ruko, dan lainnya. Bahkan pembangunan properti ini sudah ...

whatsapp phone sms telegram