facebook pixel

Detail Article

Apartemen Berantakan? Mungkin Anda melakukan 10 Hal ini!

hal yang membuat apartemen berantakan

Melihat apartemen berantakan tentu menjengkelkan. Alhasil, mood bisa berubah seketika menyaksikan apartemen terlihat seperti kapal pecah. Tanpa disadari, apartemen terlihat berantakan karena Anda tidak buru-buru membersihkannya. Dilansir dari Bustle, berikut adalah 10 kebiasaan yang membuat apartemen berantakan, dan apa yang harus dilakukan untuk memperbaikinya.

1. Mengumpulkan Banyak Kertas

Secara individu, setiap kebiasaan bukanlah masalah besar. Namun, jika memiliki kebiasaan membuang kertas di mana saja, atau menumpuk majalah lama di dalam apartemen, mungkin ini bukanlah suatu kewajaran. Pasalnya, ini akan membuat apartemen terasa berantakan.

Tips:

Mulailah untuk mendaur ulang kertas tersebut. Anda bisa menyimpan keranjang kecil di dalam atau dekat pintu apartemen untuk segera menyingkirkan sampah kertas.

2. Memiliki Banyak Barang

Menurut Joshua Becker, “Kekacauan apartemen akan sangat menonjol apabila memiliki terlalu banyak barang”. Jika ini terjadi pada apartemen Anda, tentu ini bisa menjelaskan mengapa apartemen Anda selalu terasa luar biasa dan berantakan.

Tips:

Lihatlah sekeliling apartemen. Apakah Anda benar-benar membutuhkan setengah dari barang yang dimiliki? Jika tidak, Anda bisa menguranginya dengan melakukan beberapa pembersihan. Kunci terpenting dalam menyelesaikan langkah ini adalah memulai proyek kecil dan mudah dulu. Seperti membersihkan laci atau rak.

3. Jenis Penyimpanan yang Salah

Selain punya terlalu banyak barang seperti pada point kedua, Anda juga bisa saja memiliki jenis penyimpanan barang yang salah. Misalnya, adanya meja di sudut ruangan atau biasa disebut meja nakas. Fungsinya tidak terlalu banyak, biasanya hanya untuk meletakkan vas bunga, pajangan, atau tumpukan buku.

Tips:

Sekali lagi, pastikan berpikir secara realistis ketika akan menempatkan suatu barang di apartemen. Penempatan vas bunga atau pajangan lain di meja nakas memang membuat ruangan semakin indah, namun meja ini tidak multifungsi dan akan membuat ruangan terasa sempit.

4. Tidak Ada Jadwal Kebersihan Rutin

Salah satu faktor ini jelas akan membuat apartemen berantakan dan terlihat kotor, karena Anda membiarkannya lepas kendali.

Tips:

Rutinlah membuat jadwal kebersihan. Misalnya, menyapu apartemen sebelum beraktifitas setiap hari. Kebiasaan ini akan sangat membantu jika Anda termasuk orang yang sibuk dan cenderung memiliki sedikit waktu untuk membersihkan apartemen.

5. Menyimpan Hal-hal Bersifat Sentimental

Yang satu ini memang sedikit sulit untuk dikondisikan meskipun membuat apartemen berantakan. Anda mungkin saja sangat sulit untuk membuangnya dan sudah memiliki barang tersebut dalam waktu lama karena ini memiliki arti khusus bagi Anda.

Tips:

Singkirkan hal tersebut secara perlahan. Misalnya, letakkan barang-barang itu dalam kotak kardus dan simpanlah di tempat aman. Jadi, Anda tidak perlu membuangnya dan apartemen akan tetap terlihat rapi.

6. Menempatkan Sesuatu di Mana Saja

Orang-orang yang rapi menyimpan barang-barang setelah mereka menggunakannya. Namun jika tidak rapi, cenderung meletakkan semuanya di mana saja. Contohnya, meletakkan cucian pada furnitur.

Tips:

Apapun yang dilakukan jangan mengatur semuanya tanpa berpikir. Hentikan kebiasaan itu dan Anda akan melihat perbedaan besar pada ruangan apartemen.

7. Membeli Hal yang Tidak Dibutuhkan

Hidup adalah untuk mengkonsumsi, hal ini tidak dapat dihindari! Terutama pada masyarakat dan budaya kita. Jadi, membeli hal tidak dibutuhkan mungkin sesuatu hal yang “biasa”.

Tips:

Rencanakan lebih dulu ketika akan membeli sesuatu. Pastikan barang tersebut berguna di apartemen dan tidak membuat ruangan terasa sempit.

8. Memiliki 2 Barang Sama

Saat apartemen berantakan, tidak mungkin Anda menemukan sesuatu. Jadi, bukannya mencari spatula yang ada, Anda malah membeli baru. Sekarang Anda memiliki 2 spatula, dan mengulangi proses itu untuk barang hilang lainnya. Sehingga Anda mendapati apartemen lebih berantakan.

Tips:

Kembalikan barang ke tempatnya, maka tidak perlu mencarinya di mana pun.  Sehingga Anda tidak perlu membeli untuk kedua atau ketiga kalinya. Sangat mudah bukan?

9. Terlalu Banyak Hardcopy

Ternyata mengkoleksi DVD atau menduplikat foto lama juga salah satu kebiasaan yang membuat apartemen berantakan.

Tips:

Cobalah beralih ke digital. Anda dapat memindai forto, mengatur, dan mengunggahnya di tempat aman.  Begitu juga dengan dengan koleksi DVD. Hal ini akan sangat mengurangi salinan keras di apartemen.

10. Tidak Mau Membatasi Benda

Seorang teman memberi Anda sweaternya, pasti akan senang bukan? Namun Anda akan terjebak karena lemari sudah penuh. Lalu, apa yang akan dilakukan setelah ini?

Tips:

Pilihlah beberapa benda yang benar dibutuhkan dan berfungsi. Anda bisa memeperbarui isi lemari dengan baju yang benarr-benar terpakai.

Itulah beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mulai berbenah ketika menghadapi masalah - mulai menyingkirkan barang. Daur ulang, donasi, dan berikan kelebihan barang kepada orang lain. Lanjutkan dengan tidak membelinya lebih banyak, dan apartemen Anda harus bebas dari kekacauan dalam waktu singkat.

whatsapp phone sms telegram