facebook pixel

Detail Article

Buat Rumah Sejuk Tanpa AC? Begini Lho Caranya

rumah sejuk tanpa ac

Siapa yang tak betah jika tinggal di hunian yang sejuk? Terlebih lagi jika tempat tinggal Anda berada di kawasan yang semakin hari semakin panas. Dan untuk mengatasinya, banyak orang memilih cara instan dengan memasang pendingin udara (AC) di dalam ruangan.

Penggunaan AC (air conditioner) memang bukan sesuatu yang salah, namun cara tersebut hanya bermanfaat untuk manusia, tidak untuk lingkungan. Selain itu juga Anda harus mengeluarkan biaya tambahan setiap bulannya.

Lalu, apakah bisa buat rumah sejuk tanpa AC? Tentu bisa! Cobalah beberapa cara di bawah ini.

Matikan Alat Elektronik

Tanpa disadari, peralatan elektronik dapat mengeluarkan suhu panas. Terutama pada televisi dan komputer, 2 benda elektronik ini penyumbang energi panas yang paling besar. Jadi, pastikan tidak hanya mematikan namun juga melepas kabelnya dari stop kontak setelah digunakan.

Selain itu, siapa diantara Anda yang sering membiarkan charger ponsel menempel pada stop kontak? Ya, siapa sangka hal ini juga dapat membuat ruangan terasa panas. Sebaiknya charger ponsel juga tidak dibiarkan menempel pada stop kontak jika tidak digunakan. Karena kabel yang terpasang sebenarnya masih mengaliri listrik dan memicu peningkatan suhu dalam ruangan.

Matikan Lampu

Cara membuat rumah sejuk tanpa AC selanjutnya adalah mematikan lampu. Semua lampu mengeluarkan panas, bahkan yang memiliki teknologi LED sekalipun. Untuk menghindari ruangan terasa gerah karena cahaya lampu, matikan saat tidak digunakan dan ganti semua bohlam dengan teknologi energi efisien dan ramah lingkungan.

Maksimalkan Ventilasi

Untuk menciptakan rumah sejuk, nyaman dan sehat tanpa AC, memiliki aliran sirkulasi udara yang baik menjadi syarat mutlak. Untuk itu, Anda wajib memaksimalkan ventilasi agar aliran udara alami yang masuk dan keluar jadi seimbang. Misalnya membuat lubang angin. Ini bisa menjadi solusi untuk hunian dengan langit-langit yang rendah.

Pendingin Udara Buatan

Anda bisa memanfaatkan kipas angin meja dan menyulapnya menjadi AC dengan meletakkan semangkuk air es di depannya, sehingga butiran air dingin tertiup oleh kipas dan membuat ruangan menjadi sejuk. Ini adalah salah satu solusi cerdas untuk membuat pendingin udara yang sehat dan segar.

Minimalkan Masuknya Sinar Matahari

Terik sinar matahari merupakan salah satu sumber yang mempengaruhi peningkatan suhu panas dalam ruangan. Untuk mencegahnya, tutup jendela dengan tirai atau pasang kaca film sebagai filter cahaya untuk membantu mengurangi jumlah cahaya yang masuk, cara klasik ini masih terbilang ampuh membuat rumah sejuk tanpa AC.

Pilih Bahan Alami

Hindari penggunaan bahan sintetis khususnya di kamar tidur. Karena bahan tersebut tak bisa membuat kulit bernafas dengan lega dan meningkatkan suhu tubuh. Sebaiknya gunakan bahan katun atau linen untuk seprai, sarung sofa, gorden, sampai dengan karpet. Bahan-bahan tersebut bisa menjauhkan kulit yang lembab karena kepanasan.

Jaga Sirkulasi Udara

Selain beberapa tips di atas, kunci utama membuat rumah sejuk tanpa AC adalah meletakkan interior yang tepat agar tidak mengganggu sirkulasi udara. Misalnya, menempatkan tanaman indoor dekat alat elektronik untuk membantu menyerap zat berbahaya disekitarnya.

Nah, kini selain rumah lebih sejuk tanpa AC, Anda bisa bersantai tanpa merasa gerah. Bonusnya, tagihan listrik menjadi lebih hemat. Selamat mencoba sobat olympic!

whatsapp phone sms telegram