facebook pixel

Detail Article

Hidup Bertetangga di Apartemen, Banyak Keuntungannya Lho!

keuntungan hidup bertetangga di apartemen

Kehidupan di apartemen terkenal dengan sikap individualisme dan jarang bersosialisasi dengan lingkungan di sekitarnya. Bahkan terkadang dengan tetangga yang letak apartemennya bersebelahan pun belum tentu mengenalnya. Semua itu karena kesibukan orang modern yang begitu tinggi sehingga untuk mengenal tetangga saja seperti tidak ada waktu.

Padahal, hidup bertetangga akan membuat hidup terasa lebih menyenangkan. Tetangga adalah orang yang keberadaannya paling dekat dengan rumah Anda. Karena itulah, menjalin hidup bertetangga di apartemen sangatlah penting.

Sebenarnya, ada banyak keuntungan jika Anda hidup bertetangga di apartemen lho. Apa saja? Berikut ulasannya.

Keuntungan Hidup Bertetangga di Apartemen

#1. Saling Membantu

Bukan tidak mungkin sobat olympic akan mengalami keadaan darurat, misalnya anak sakit, kebakaran, dan peristiwa darurat lainnya. Jika memiliki hubungan yang baik dengan tetangga di apartemen, maka Anda tidak akan merasa sungkan saat akan meminta bantuan. Semua itu karena tetangga adalah orang kedua yang dekat dengan Anda setelah keluarga.

#2. Menambah Jaringan

Jika tidak pernah melakukan komunikasi dengan tetangga di apartemen, kemungkinan besar tidak ada informasi yang lengkap mengenai tetangga itu. Bisa jadi dia merupakan teman bisnis yang sebenarnya Anda cari selama ini atau bisa juga merupakan tetangga baik yang akan menguntungkan bisnis Anda. Semua itu sangat mungkin terjadi jika menjalin hubungan yang baik dengan tetangga.

#3. Menambahkan Teman Bagi Anak

Jika Anda sebagai orang tua telah menjalin hubungan baik dengan tetangga, maka secara otomatis anak pun akan mengikutinya. Anak-anak Anda dapat bermain bersama anak tetangga Anda. Selain dalam rangka untuk mengakrabkan anak, hal ini juga sebagai cara untuk melatih anak dalam berkomunikasi sehingga akan terbiasa untuk melakukan komunikasi dengan teman dari berbagai macam karakter.

#4. Menambah Keamanan

Hubungan yang terjalin dengan baik antara satu penghuni dengan penghuni apartemen lain akan secara otomatis dapat meningkatkan keamanan. Mereka akan salin menjaga lingkungannya dari segala macam gangguan. Hal ini tentunya akan meningkatkan keamanan di sekitar kompleks apartemen.

#5. Menciptakan Sebuah Komunitas

Sangat mungkin bagi sobat olympic untuk membuat sebuah komunitas baru di lingkungan apartemen. Misalnya komunitas memasak, olahraga, jalan santai, dan sebagainya. Selain dapat meningkatkan kerukunan antara satu penghuni apartemen dengan penghuni apartemen lainnya, komunitas ini akan sangat membantu Anda jika suatu saat mengalami kesulitan.

Mungkin saat ini Anda bertanya “Apakah ini bisa terjadi?”. Meskipun selama ini para penghuni apartemen dikenal sebagai orang yang individualis tapi bukan tidak mungkin hal ini bisa terjadi.

Nah, bagi yang masih bingung bagaimana caranya. Yuk, ikuti saja beberapa cara hidup bertetangga di apartemen ini:

Pastikan bersikap ramah dan memasang senyum termanis

Langkah awal agar silaturahmi tersebut dapat terjalin dengan baik adalah dengan menunjukan sikap yang ramah dan murah senyum. Hal ini akan menghilangkan kesan individualisme yang melekat pada diri seseorang.

Menawarkan pertolongan

Jadilah orang yang mudah menolong orang lain. Ini akan membantu Anda untuk lebih dekat dengan para tetangga di apartemen.

Meminta bantuan

Terkadang meminta bantuan pun bisa menjadi cara untuk mempererat silaturahmi. Untuk itu, jangan sungkan untuk meminta bantuan. Tapi jangan berlebihan ya. Karena akan terkesan agak mencurigakan dan cenderung pada hal-hal yang negatif.

Tidak bertindak agresif

Hindari sikap-sikap agresif seperti terlalu sering bermain, menanyakan hal-hal yang bersifat pribadi dan sensitif, dan tindakan lain yang dianggap sebagai sikap agresif. Anda dapat lebih dulu mengamati jadwal dan hobi tetangga di sekitar. Jadi bersikaplah sewajarnya dan tidak dibuat-buat.

Ternyata ada banyak sekali keuntungan yang diperoleh dari hidup bertetangga di apartemen. Hal ini bisa dilakukan oleh siapapun sehingga Anda tidak akan merasa sendiri seperti tinggal di goa yang tak berpenghuni.

whatsapp phone sms telegram