facebook pixel

Detail Article

Ini Lho Syarat Pengajuan KPA. Yuk Nikmati Keuntungannya!

syarat pengajuan Kredit Kepemilikan Apartemen

Apartemen kini menjadi hunian yang banyak dipilih sebagai tempat tinggal, terutama bagi orang-orang yang hidup di sekitar pusat kota dan ingin merasakan kemudahan dalam menjalankan hidup sehari-hari. Selain itu, apartemen pun termasuk dalam jenis properti yang nilai investasinya sangat menjanjikan, sehingga membuat begitu banyak orang ingin memilikinya.

Nah, untuk memperoleh hunian vertikal ini ada beberapa pilihan yang dapat ditempuh, yakni dengan membayar secara tunai, cicil tanpa KPA (langsung ke pengembang) atau melalui kredit kepemilikan apartemen.

KPA (Kredit Pemilikan Apartemen) adalah fasilitas kredit yang disediakan oleh bank untuk membeli apartemen, kondominium dan kondotel secara berkala dalam kurun waktu yang ditentukan oleh pihak bank dan pengembang.

Fasilitas KPA bisa digunakan untuk apartemen yang sudah ada maupun apartemen yang baru akan dibangun dengan suku bunga bersaing. Hal lain yang diproteksi oleh kredit kepemilikan apartemen adalah asuransi jiwa kredit dan asuransi kebakaran.

Umumnya DP yang harus dibayarkan jika menggunakan KPA adalah sekitar 20% hingga 30% dari harga apartemen dan bisa dicicil 14-36 kali. Untuk sisa cicilannya, dapat dilakukan 60 kali (5 tahun).

Tidak semua bank menyediakan fasilitas KPA ini, hanya beberapa saja seperti Bank Mandiri, BNI, BTN, BCA, atau lainnya.

Mungkin beberapa dari Anda masih ragu dengan fasilitas ini, namun tidak banyak orang tahu bahwa sebenarnya membeli apartemen dengan kredit kepemilikan apartemen (KPA) memiliki beberapa keuntungan tersendiri!

Keuntungan Beli Apartemen dengan KPA

1. Biasanya pengembang mulai menjual apartemen ketika dalam tahap pembangunan. Membeli apartemen yang masih dalam proses pembangunan secara tunai memiliki risiko cukup tinggi karena tidak ada jaminan pasti apakah proyek tersebut dapat selesai tepat pada waktunya.

2. Bisa diajukan untuk apartemen baru, lama, over kredit.

3. Adanya kemudahan yang diberikan baik oleh pihak bank maupun developer. Seperti kebebasan nilai kredit, proses cepat, dan pembelian bisa dilakukan langsung dengan pemilik atau melalui pengembang.

4. Nilai bunga bank terus menurun. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda untuk membeli apartemen secara kredit.

5. Jangka waktu kredit sampai 15 tahun, bahkan beberapa bank menawarkan angsuran hingga 20 tahun.

6. Dengan adanya jaminan dari bank, membeli apartemen dengan KPA dianggap lebih aman. Jika pengembang tidak dapat menyelesaikan pembangunan, Anda akan mendapat perlindungan finansial dari pihak bank.

keuntungan beli apartemen dengan KPA

Lantas bagaimana cara mengajukan KPA? Sebenarnya sangat mudah! Anda hanya perlu melakukan beberapa hal ini.

Syarat Mengajukan KPA (Kredit Pemilikan Apartemen)

1. Warga Negara Indonesia

2. Berusia minimal 21 tahun atau telah menikah

3. Telah memiliki masa kerja atau menjalankan usaha minimal 1 tahun

4. Membawa dokumen yang dibutuhkan:

  • Form aplikasi kredit
  • Pas foto terbaru
  • Fotokopi KTP, Kartu Keluargam Surat Nikah/Cerai
  • Fotokopi slip gaji atau surat keterangan penghasilan, rekening tabungan, Pph, SHM, IMB, NPWP
  • Fotokopi SK pengangkatan pegawai tetap (khusus karyawan)
  • Fotokopi akta pendirian perusahaan (khusus wiraswasta)

5. Uang Muka KPA (20% dari harga apartemen, tergantung bank penyedia)

6. Suku Bunga KPA (Biasanya dipengaruhi besarnya pinjaman)

7. Biaya Lain (tergantung bank penyedia KPA). Biayanya antara lain:

  • Biaya apprasial (survey): Rp. 300.000 - Rp. 750.000
  • Provisi bank: 0.5% - 1.0% dari total KPA
  • Administrasi: Rp. 250.000 - Rp. 500.000
  • Asuransi selama kredit: 1.0% - 2.0% dari total KPA
  • Pajak penjual: 5% dari harga transaksi
  • Pajak pembeli BPHTB: 5% dari harga transaksu dikurangi harga NJOPTKP (Nilai Jual Objek Pajak Tidak Kena Pajak)

8. Mengalihkan KPA

Meskipun proses cicilan kredit kepemilikan apartemen sedang berjalan, jika Anda merasa suku bunga di bank lain lebih ringan, Anda bisa berpindah bank atau over kredit apartemen.

Adapun untuk cara oper kredit KPA ini adalah kita harus mengisi kembali formulir pengajuan KPA bank tujuan. Proses ini sama seperti proses pengajuan awal. Yang membedakan, bank nantinya akan melakukan penghitungan berapa jumlah cicilan telah masuk, kemudian menghitung selisihnya untuk memperoleh cicilan yang mesti kita bayarkan di bank baru tersebut.

Nah, setelah mengetahui keuntungan dan syarat mengajukan KPA. Apakah Anda sudah tertarik membeli apartemen dengan KPA? Selain beberapa informasi di atas, pastikan Anda ketahui hal ini agar sukses dalam pengajuan kredit kepemilikan apartemen.

whatsapp phone sms telegram