facebook pixel

Detail Article

Ini Perbedaan Investasi dan Tabungan! Mana yang Lebih Untung?

perbedaan investasi dan tabungan

Sebagian besar masyarakat masih beranggapan bahwa investasi dan menabung merupakan dua hal yang sama. Tapi tahukah Anda bahwa keduanya merupakan hal yang berbeda? Menabung merupakan salah satu cara untuk menyimpan sebagian penghasilan untuk kepentingan di masa mendatang. Sedangkan investasi merupakan langkah untuk menambah nilai aset yang dimiliki demi tujuan jangka panjang.

Menabung juga bisa meningkatkan nilai-nilai aset yakni dalam bentuk bunga bank. Meski sama-sama bisa menambah nilai, tabungan memiliki risiko yang lebih rendah daripada investasi. Jadi, cenderung sebagai langkah untuk mengamankan uang. Sementara itu, investasi cenderung sebagai langkah untuk menaikkan nilai aset demi mendapatkan keuntungan dengan segala risiko yang terkandung di dalamnya. Lalu, mana yang lebih menguntungkan?

(Baca juga: Bingung Mulai Investasi Properti? Pilih Apartemen atau Rumah Ya?)

Perbedaan Investasi dan Tabungan

1. Karakteristik Produk

Perbedaan investasi dan tabungan bisa dilihat dari karakteristik produk kedua instrumen tersebut. Produk investasi bertujuan untuk kepentingan jangka panjang sehingga tidak bisa digunakan untuk kepentingan mendadak. Keuntungannyanya adalah memiliki penambahan nilai aset lebih cepat daripada tabungan.

Sebagai contoh, Anda berinvestasi apartemen. Meskipun memiliki risiko, investasi apartemen memiliki pertambahan nilai dari aset yang lebih cepat. Dalam jangka waktu dua tahun, keuntungan yang dijanjikan bisa lebih dari 20% lho! Menarik sekali bukan?

Selain itu, Anda juga bisa berinvestasi dengan membeli tanah, emas, reksadana, saham dan obligasi. Namun, properti, khususnya apartemen, dianggap lebih menguntungkan karena bisa dijual kembali dengan harga lebih mahal daripada harga awal pembelian.

Sementara itu, tabungan memiliki penambahan nilai aset lebih lambat. Namun, risikonya lebih rendah dibanding investasi, serta bisa dijadikan sebagai dana darurat jika Anda memiliki kepentingan mendadak.

2. Persyaratan Investasi dan Tabungan

Untuk memiliki rekening tabungan di bank caranya cukup mudah. Anda cukup mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening dan melampirkan identitas diri seperti KTP, SIM atau paspor. Di samping itu, Anda bisa membuka rekening tabungan dengan setoran dana awal yang relatif kecil. Fasilitas seperti program berhadiah, asuransi serta kemudahan bertransaksi bisa Anda nikmati dengan menjadi nasabah bank.

Sayangnya, tingkat suku bunga tabungan lebih kecil daripada produk bank lainnya seperti giro dan deposito. Bahkan jika jumlah saldo tabungan terbatas, nilai saldo tabungan bisa berkurang karena tergerus potongan biaya admin dan pajak.

Berbeda dengan tabungan, untuk bisa berinvestasi di aset fisik seperti properti, Anda harus menyiapkan modal awal yang cukup besar. Karena modal awal yang dibutuhkan lebih besar, keuntungan yang bisa diperoleh dari investasi properti tentu lebih besar daripada menabung. Tentu saja keuntungan ini bisa dinikmati setelah jangka waktu tertentu.

Proses pengurusan investasi properti memang membutuhkan analisis dan persyaratan dokumen yang lebih rumit daripada menabung. Anda harus memilih agen properti terpercaya, mengurus surat kepemilikan properti dan lainnya. Tapi, Anda bisa menyewakan properti tersebut atau menjualnya kembali dengan harga di atas harga beli setelah beberapa tahun kemudian.

(Baca juga: Sebelum Jadi Investor, Pahami 13 Istilah Dalam Properti Ini!)

Jadi, Untung Mana Investasi atau Menabung?

Menabung di bank dan investasi sama-sama bisa menguntungkan, tergantung dari tujuan Anda. Menabung bisa Anda jadikan sebagai dana darurat yang bisa diambil kapan saja. Sedangkan untuk jangka panjang, Anda bisa berinvestasi properti demi memperoleh keuntungan lebih besar.

Sebenarnya, tak ada salahnya apabila sobat Olympic memiliki kedua instrumen tersebut. Sepanjang Anda bisa mengatur keuangan bulanan dengan baik, keduanya bisa saling melengkapi dan menghasilkan keuntungan.

Jadi, jangan menunggu lebih lama untuk mulai berinvestasi. Semakin dini Anda berinvestasi, semakin banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Ayo cerdas berinvestasi!

Related Posts:

7 Alasan Apartemen di Bogor jadi Prospek Investasi Menjanjikan

7 Alasan Apartemen di Bogor ja...

Apartemen adalah salah satu hunian yang kini banyak diincar para pemburu properti. Pasalnya, selain memiliki banyak pilihan tipe unit dengan harga yang bervariasi, biasanya apartemen berada di lokasi strategis dan dekat pusat ...

Tumbuh Hingga 70%, Investasi Apartemen di Bogor Semakin Menjanjikan

Tumbuh Hingga 70%, Investasi A...

Sebagai salah satu kota penyangga Jakarta, Bogor memiliki peran yang cukup penting dalam kehidupan masyarakat. Banyak warga ibu kota yang kini memilih untuk tinggal di kawasan ini. Hal ini terbukti dari data yang disajikan sal...

Mengapa Investasi Apartemen Penting untuk Generasi Muda?

Mengapa Investasi Apartemen Pe...

Masa muda merupakan masa dimana seseorang berada dalam usia produktif dan mampu menciptakan banyak peluang untuk mendapatkan kehidupan yang baik di masa depan. Momen ini tentunya tidak akan datang dua kali, mengingat kita tida...

whatsapp phone sms telegram