facebook pixel

Detail Article

Mau Beli Apartemen, Perhatikan Juga Rasio Parkirnya!

area parkir apartemen olympic residence

Bagi para pemburu properti, khususnya apartemen, banyak hal yang harus diperhatikan sebelum membeli apartemen. Umumnya, yang menjadi perhatian calon penghuni apartemen adalah tipe unit, fasilitas, akses, lokasi, serta harga yang ditawarkan pengembang. Jarang diantara mereka yang mencari tahu lebih dalam soal tempat parkir apartemen. Padahal, hal itu mempengaruhi kenyamanan penghuni dalam bertempat tinggal.

Bayangkan saja jika Anda tinggal di apartemen tersebut, untuk masuk saja harus mengantri begitu panjang, belum lagi sulitnya mencari lahan parkir. Pastinya, terlalu lama terjebak di basement apartment akan cukup menyita waktu di tengah aktivitas Anda yang padat, bukan?

Ini bukanlah masalah baru! Meskipun terlihat sepele, banyak orang yang mengeluhkan soal keberadaan tempat parkir yang tidak sepadan dengan jumlah penghuni ini. Untuk itu, bagi Anda yang sedang melakukan survei hunian, sangat penting mengetahui rasio parkir apartemen yang telah disediakan pengembang.

Menurut aturan dari Dinas Penataan dan Pengawasan Bangunan, apartemen yang baik memiliki rasio parkir 1:1. Dengan kata lain, satu parkir mobil untuk satu unit apartemen tergantung luasannya. Berbeda dengan apartemen, rumah susun memiliki rasio parkir 1:10. Tapi tentu saja, semakin banyak tersedia area parkir di apartemen akan semakin baik.

Daftar spot parkir mobil menurut luas lantai bangunan adalah:

  • Kurang dari 50 meter persegi: 1 mobil/ 5 unit hunian
  • Luas 50-150 meter persegi: 1 mobil/ 2 unit hunian
  • Lebih dari 150 meter persegi: 1 mobil/ 1 unit hunian

Tak hanya itu, pemerintah juga menetapkan rasio parkir apartemen adalah 25 meter persegi untuk satu buah mobil. Satu mobil (sedan/van/pick up) minimum lebarnya 2,25 meter dan panjang 4,5 meter pada posisi tegak lurus. Sedangkan untuk parkir sejajar, minimum lebar 2,25 meter dan panjang 6 meter.

rasio parkir apartemen olympic residence sentul

Selain rasio, keberadaan pintu masuk juga harus diperhatikan. Semakin banyak pintu masuk parkiran, maka akan semakin baik karena dapat menghindari kemacetan saat akan parkir. Begitu pula dengan posisinya, memudahkan untuk keluar masuk kendaraan atau tidak.

Bagi pengembang, membangun apartemen dengan lahan parkir seperti yang sudah ditetapkan adalah dilema tersediri. Pasalnya, jika setiap unit apartemen disediakan satu slot parkir maka kebutuhan lahan parkir semakin membengkak. Secara langsung, hal ini juga berpengaruh terhadap harga jual semakin tinggi. Meski demikian, banderol harga tidak selalu menjadi patokan kelayakan fasilitas parkir yang pengembang sediakan.

Yang harus diperhatikan dalam masalah parkir lainnya adalah, biaya parkir apartemen. Masalah biaya ini juga menjadi perhatian, pasalnya ini terkait dengan pengeluaran rutin Anda. Beberapa gedung apartemen tidak memberikan fasilitas parkir secara gratis. Ada yang menetapkan biaya parkir bulanan yang dibebankan kepada penghuni apartemen.

Karena itulah Anda harus lebih jeli mencari tahu apakah apartemen yang akan dibeli ada biaya parkir bulanan di luar biaya maintenance apartemen dan disarankan untuk mencari biaya parkir yang lebih murah, tentunya dengan tidak mengurangi kualitas yang ditawarkan.

whatsapp phone sms telegram