facebook pixel

Detail Article

Tak Hanya Tipe Studio, 12 Tipe Apartemen Ini Harus Anda Ketahui!

tipe apartemen - olympic residence

Apa yang pertama kali Anda pertimbangkan ketika akan membeli apartemen? Pastinya jenis atau tipenya, bukan? Dalam memilih tipe apartemen, para pemburu properti akan mempertimbangkan kebutuhannya terlebih dahulu. Misalnya, jika Anda seorang lajang yang tinggal sendiri (tanpa orang tua), cenderung memilih tipe studio atau 1 bedroom. Sedangkan bagi yang sudah berkeluarga, cenderung untuk memilih tipe 2 bedroom.

Umumnya para developer apartemen di Indonesia menawarkan 3 tipe, yaitu Studio, 1 Bedroom dan 2 Bedroom. Seperti di Apartemen Olympic Residence Sentul yang menyediakan 4 tipe, yaitu studio, 1 bedroom, 2 bedroom dan 2 bedroom corner. Luas apartemen masing-masing berbeda tergantung tipenya.

Namun, tahukah Anda selain 3 tipe di atas, masih banyak tipe-tipe apartemen lainnya yang mungkin belum Anda ketahui. Di Indonesia sendiri, jenis-jenis apartemen ini masih jarang tersedia. Lalu apa saja jenis apartemen tersebut?

Dilansir dari Naked Apartments, berikut jenis-jenis apartemen yang perlu Anda ketahui.

1. Tipe Apartemen Studio

tipe apartemen - apartemen tipe studio

Tipe ini paling sering kita dengar. Biasanya luas apartemen studio tak lebih dari 20 hingga 30 meter persegi (tergantung dari masing-masing developer). Bagian dalamnya mengusung konsep satu ruang yang sudah termasuk kamar tidur, kamar mandi dan dapur. Sekilas seperti kamar hotel dan sederhana. Tipe apartemen studio juga merupakan tipe terkecil dari semua tipe yang biasa ditawarkan developer apartemen di Indonesia .

2. Tipe Apartemen Alcove Studio

tipe apartemen - apartemen tipe alcove studio

Luasnya hampir sama dengan tipe apartemen studio. Namun apartemen tipe alcove studio berbentuk “L”, di mana ruang terkecilnya bisa Anda jadikan sebagai kamar tidur karena dapat lebih privasi. Tipe ini biasa disebut half room.

3. Tipe Apartemen Convertible Studio

tipe apartemen - apartemen tipe convertible studio

Jenis ini termasuk dalam apartemen studio plus. Tak jauh berbeda dengan studio, namun apartemen ini mempunyai ukuran sedikit besar untuk dapat menciptakan ruang berdinding sebagai pembatas untuk kamar tidur.

4. Tipe Apartemen Convertible

tipe apartemen - apartemen convertible

Apartemen convertible punya ruang cukup besar dan berdinding sebagai pemisah yang dapat digunakan sebagai ruang tidur, ruang makan atau ruang tengah. Untuk dekorasi lain, Anda juga dapat menyimpan barang pada dinding tersebut.

Misalnya, dibagian tengah dinding letakkan TV yang menjorok ke dalam sehingga TV tersebut dapat dibolak-balik untuk ke dua arah. Dengan dekorasi seperti ini tentunya Anda dapat memaksimalkan barang-barang agar lebih fungsional.

5. Tipe Apartemen Loft

tipe apartemen - apartemen loft

Apartemen ini memiliki plafon/ langit-langit yang sangat tinggi dan jendela besar dibanding tipe lainnya. Sekilas tampilannya seperti loteng, karena pada apartemen ini memiliki tambahan ruang setengah lantai yang dinamakan loft dan biasa digunakan untuk kamar tidur.

Diberbagai negara Eropa dan Amerika, tipe ini tengah menjadi hits karena dianggap memiliki sirkulasi udara yang baik serta terkesan lebih luas.

6. Tipe Apartemen Junior 1 Bedroom

tipe apartemen - apartemen junior 1 bedroom

Selain apartemen studio, banyak developer apartemen di Indonesia yang juga menawarkan tipe ini. Ukurannya sedikit lebih besar dibanding tipe studio. Jika studio berkonsep 1 ruang tergabung, junior 1 BR memiliki pembatas dinding antara ruang tidur dan dapur.

7. Tipe Apartemen Junior 4

tipe apartemen - apartemen junior 4

Bukan berarti memiliki 4 kamar tidur, tetapi apartemen ini memiliki 4 ruang terpisah, seperti ruang tamu, dapur, kamar tidur dan ruangan kecil lainnya. Biasanya ruangan tersisa dimanfaatkan menjadi ruang kerja.

8. Tipe Apartemen 2 Bedroom

tipe apartemen - apartemen 2 bedroom

Selain tipe studio dan junior 1 bedroom, jenis apartemen yang satu ini juga banyak tersedia di Indonesia. Apartemen 2 bedroom lebih besar dibanding studio atau junior 4, luasnya sekitar 35 hingga 45 meter persegi. Tersedia 2 kamar tidur yang ukurannya sama besar (atau sedikit berbeda), ruang tengah dan dapur terpisah.

9. Tipe Apartemen 3 Room

tipe apartemen - apartemen 3 bedroom

Ilustrasi terbaik dari jenis apartemen 3 room adalah apartemen jalan kereta api. Karena tersedia beberapa kamar yang terhubung langsung dengan pintu tanpa terpisah oleh lorong. Di mana apartemen memiliki tiga kamar tidur, namun tata letaknya tidak menciptakan lebih dari satu atau dua kamar tidur.

10. Tipe Apartemen Classic Six

tipe apartemen - apartemen classic six

Dibeberapa negara Eropa dan Amerika, gedung yang berusia tua tapi masih sangat kokoh dapat direnovasi untuk dijadikan apartemen jenis ini. Memiliki 3 kamar tidur, ruang makan besar, ruang tamu, dan dapur terpisah.

Lokasi apartemen cenderung berada di area yang populer, misalnya jika di New York, apartemen ini berada di Upper East Side.

11. Tipe Apartemen Duplex dan Triplex

tipe apartemen - apartemen duplex dan triplex

Yaitu jenis apartemen dengan 2 atau 3 tingkat berurutan. Jenis apartemen ini sedikit unik dalam tata letak, pasalnya karena memiliki ruang lebih luas, tingkat kedua atau ketiga mungkin hanya digunakan untuk kamar tidur saja, bahkan mungkin memiliki kamar mandi disetiap tingkat.

12. Tipe Apartemen Garden

tipe apartemen - garden apartemen

Sebenarnya istilah ini berlaku untuk dua letak apartemen. Pertama, apartemen yang menghadap ke taman atau memiliki taman. Kedua, jenis apartemen yang terletak di basement (bagian bawah/ bawah tanah) sehingga letak jendela lebih rendah dibanding halamannya.

Itulah beberapa jenis apartemen yang harus diketahui. Pilihlah tipe hunian sesuai dengan kebutuhan Anda.