facebook pixel

Detail Article

Ternyata Ini Lho 8 Tempat Paling Berkuman di Apartemen

olympic residence - tempat berkuman di apartemen

Tanpa Anda sadari, kuman bisa bersarang di mana saja, termasuk juga di hunian atau apartemen Anda. Tempat yang jarang dibersihkan atau bahkan tempat yang dianggap bersih juga belum tentu terbebas dari kuman, lho.

Berikut adalah beberapa fakta mengenai kuman:

1. Kuman bisa tinggal di apartemen Anda. Pada kondisi optimal, bakteri dapat membelah diri setiap 20 menit dan dapat menyebar dengan cepat.

2. Kuman dapat membuat Anda sakit. Sistem kekebalan tubuh melindungi diri Anda dari sebagian besar mikroorganisme. Meski begitu, ada banyak sekali beragam jenis kuman yang beberapa diantaranya, khususnya virus, mampu bermutasi menjadi sesuatu yang tidak mudah dikenali oleh sistem kekebalan tubuh.

3. Sangat mudah untuk membuat apartemen tampak bersih. Sabun, pemutih, cairan disinfektan merupakan senjata untuk melawan mikroorganisme yang hidup di apartemen.

Namun, apakah selama ini Anda berpikir bahwa tempat paling berkuman dan kotor di apartemen adalah kamar mandi? Ya, memang benar kamar mandi biasanya merupakan tempat yang kotor, terutama bagian belakang kloset. Namun, tempat paling berkuman di apartemen tidak berhenti pada kamar mandi saja.

Anda mungkin akan terkejut ketika mengetahui daftar tempat-tempat paling berkuman dan kotor di apartemen yang bahkan tak diduga dalam artikel ini. Banyak diantaranya bisa jadi tidak pernah terbesit dalam pikiran Anda.

Atas Lemari Dapur

Semua orang ingat untuk membersihkan dapur mereka, tapi berapa banyak orang yang ingat untuk membersihkan atas lemari dapur? Hampir sebagian orang tidak memperhatikan kebersihan sudut yang satu ini. Anda bisa membersihkan atas lemari dapur satu bulan sekali atau tergantung dari waktu terakhir kali Anda membersihkannya. Kecuali jika lemari tersebut tingginya hingga ke langit-langit apartemen.

Tirai Shower

Tempat berkuman di apartemen selanjutnya adalah tirai shower. Tirai shower dapat menjadi sarang miliaran mikroba dan jamur yang cenderung berkembang biak di lingkungan lembab. Untuk membersihkan, cuci tirai dengan setengah cangkir deterjen, setengah cangkir baking soda dan satu cangkir cuka ke bilasan pertama untuk menghilangkan bakteri, jamur dan noda.

Bagian Belakang Toilet

Salah satu tempat berkuman di Apartemen lainnya adalah bagian belakang kloset. Jangan lupa untuk membersihkan bagian belakang kloset kamar mandi, karena setiap menyiram akan terdapat partikel air beserta bakteri E. Coli yang tersemprot keluar. Jadi gunakan kain mikrofiber atau handuk kertas tiap kali buang air.

Bagian Dalam Lemari

Siapa sangka bagian dalam lemari juga termasuk ke salah satu sudut kotor di apartemen. Sebagian besar orang hidup diiklim yang mengharuskan untuk memutar isi lemari sesuai musimnya. Misalnya setelah Anda memakai barang di musim panas dan meletakkannya kembali, akan ada debu bertebaran di mana-mana dari waktu ke waktu, dan masuk ke bagian dalam lemari.

Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan kain lembab untuk menyeka semuanya seperti rak, papan pinggir, lantai bahkan gantungan. Bersihkan lantai lemari setiap bulan atau tiap 3 bulan jika memungkinkan. Jika tidak, Anda bisa membersihkannya 2 kali setahun. Jangan lupa juga untuk membersihkan sepatu, tas dan barang lainnya sebelum dikembalikan ke tempatnya.

Rak Peralatan Makan

Sendok, garpu, pisau dan sebagainya memang rutin dibersihkan usai memakainya. Namun, sudahkah Anda yakin tempat menyimpannya pun bersih dari kotoran? Jangan salah karena debu dan berbagai jamur bisa menempel di dalamnya.

Gagang pintu, pegangan lemari, dan saklar lampu.

Yang satu ini sangat jelas. Seberapa sering Anda menyediakan waktu untuk membersihkan gagang pintu, pegangan lemari, serta saklar lampu? Setidaknya luangkan waktu sekali seminggu untuk menyeka bagian-bagian berkuman tersebut menggunakan tisu desinfektan, dan jangan gunakan tisu yang sama untuk membersihkan beberapa bagian sekaligus.

Di Bawah Karpet

Anda akan terkejut berapa banyak debu yang terakumulasi di bawah karpet. Partikel debu halus menyaring serat dan menumpuk. Jadi lakukanlah penyapuan menyeluruh sesering mungkin.

Gagang Kulkas

Kecuali memang sering dibersihkan, gagang kulkas tidak menjadi masalah. Sebab, jika tidak, banyak sidik jari dan kotoran dari potongan makanan yang belum dibersihkan kerap menempel pada gagang tersebut.

Mungkin sekarang Anda merasa cukup panik, karena tempat-tempat yang disebutkan diatas bisa jadi tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Tapi tenang saja, karena masalah ini bisa dengan mudah diatasi. Kuncinya adalah sering-sering mencuci tangan dengan benar dan membuat jadwal kebersihan apartemen setidaknya seminggu sekali untuk membersihkan berbagai tempat paling berkuman di apartemen Anda.

whatsapp phone sms telegram