facebook pixel

Detail Article

Tips Membeli Apartemen Ala Ayu Gani, Pemenang Asia’s Next Top Model

Tips Membeli Apartemen Ala Ayu Gani, Pemenang Asia’s Next Model

Milenial sering kali menjadi subjek perbincangan para pakar ekonomi. Pasalnya, generasi ini diprediksi akan kesulitan membeli hunian di masa depan. Apalagi dengan gaya hidup yang cenderung boros dan konsumtif membuat generasi ‘kekinian’ semakin sulit untuk menabung.

Namun, tidak demikian dengan Ayu Gani. Pemenang Asia’s Next Top Model musim ketiga ini merupakan contoh generasi milenial yang sudah bekerja dan berpenghasilan serta sadar akan pentingnya memiliki properti sejak dini.

Kisah ini diawali saat Gani menempati apartemen di bilangan Jakarta dengan alasan agar lebih mudah menjangkau tempat kerja. Ia  menyewa apartemen 2 bedroom dengan biaya Rp 6 juta/bulan. Tak lama, orang tuanya menyarankan Gani untuk membeli apartemen ketimbang menyewa.

“Ibu nyuruh saya beli apartemen yang murah di Jakarta. Meski jadwal modeling tidak tetap, saya tetap harus punya tempat tinggal di sini (Jakarta) karena orang tua saya ada di Solo,” ujar Gani pada suatu acara gathering di Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Akhirnya pada akhir tahun 2012, Gani memutuskan untuk membeli apartemen di bilangan Jakarta dengan sistem cicilan ke developer selama 4 tahun.

Kenapa Memilih Apartemen?

Alasan dara asal Solo ini lebih memilih apartemen dibanding rumah tapak (landed) karena lebih praktis dan juga aman. Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa menurutnya tidak ada pilihan lain untuk tinggal di Jakarta selain hunian vertikal. Selain karena kurang berminat, luas lahan Jakarta yang kian menipis pun membuat rumah di ibu kota semakin sulit dicari.

Seperti milenial kebayakan, Gani juga memiliki hobi travelling. Ini pula yang menjadi alasan mengapa ia lebih memilih tinggal di apartemen dibanding rumah tapak.

Kini apartemen yang dibeli Gani sudah lunas. Namun, ia mengaku ketagihan untuk membeli apartemen lain. Gani mengaku bahwa saat ini ia tengah mencicil beberapa unit lagi sebagai investasi jangka panjangnya.

Tips Membeli Apartemen Ala Ayu Gani

Faktor yang sangat diperhatikan Gani saat akan membeli apartemen adalah keamanan dan sistem angsuran atau cicilan yang tersedia. Ia sendiri lebih memilih metode cicilan bertahap ke pengembang saat membeli apartemen.

 “Kenapa saya pilih cicilan, karena tidak berasa. Misalnya kalau kita ambil cicilan selama 3 tahun, Rp 4,5 juta tidak berasa. Tiba-tiba sudah setahun," paparnya.

Selain itu, hal penting lain yang harus diperhatikan sebelum membeli hunian vertikal adalah lokasi, kemudahan akses dan juga harga. Pilihlah apartemen yang lokasinya strategis, mudah dijangkau dari tempat kerja dan tentunya sesuai dengan budget yang dimiliki.

Selanjutnya, calon pembeli harus memperhatikan latar belakang dan track record developer. Ketahui proyek apa saja yang sudah dibangun, bagaimana proses perizinan atau legalitas pembangunan serta sertifikat yang akan akan didapat kelak. Ia juga mengatakan untuk meminta rekomendasi dari orang-orang yang dipercaya.

Model kenamaan Indoenesia ini pun mengatakan bahwa ada beberapa hal yang harus dikorbankan saat Anda memutuskan untuk membeli apartemen. Ia mengaku harus mengurangi budget belanja dan pergi ke mall demi memenuhi angsuran apartemennya. Bahkan ia juga harus makan mie instan agar uang cicilan tetap terpenuhi.

“Ya, harus ada yang dikorbankan. Kadang sebulan penghasilan dari model tak menentu. Jadi di apartemen juga makan mie instan. Kalau tidak begitu, hunian tak akan cepat terbeli,” ungkapnya.

Itulah sedikit cerita dari Ayu Gani, milenial yang berhasil membeli hunian di usia muda. Tak hanya Gani, Anda juga bisa melakukannya lho! Beranikan diri untuk memulai dan tabung DP apartemen sejak dini. Selanjutnya, Anda hanya perlu percaya dan konsisten agar apartemen impian bisa cepat terbeli.

Related Posts:

11 Tips Memilih Apartemen yang Harus Anda Perhatikan

11 Tips Memilih Apartemen yang...

Bagi sebagian warga yang bekerja di Jakarta membeli apartemen merupakan sebuah pilihan. Karena tanah merupakan hal yang sangat langka dan mahal, selain itu macetnya jalanan Jakarta membuat perjalanan menuju kantor menjadi sang...

5 Tips Cerdas Membeli Apartemen yang Perlu Anda Ketahui

5 Tips Cerdas Membeli Aparteme...

Bagi sebagian warga yang bekerja di Jakarta membeli apartemen merupakan sebuah pilihan. Karena tanah merupakan hal yang sangat langka dan mahal, selain itu macetnya jalanan Jakarta membuat perjalanan menuju kantor menjadi terh...

Milenial Jangan Asal Pilih Apartemen! Ini Tipsnya Agar Anda Tak Keliru

Milenial Jangan Asal Pilih Apa...

Banyak yang mengatakan generasi milenial lebih memilih tinggal di apartemen dibanding rumah tapak. Hal ini pun banyak ditulis di artikel-artikel properti. Faktanya, kondisi ini memang benar. Beberapa alasan yang mendukung kead...

whatsapp phone sms telegram