facebook pixel

Detail Article

7 Tips Sukses Lewat Investasi Properti

investasi properti

Saat ini investasi properti merupakan salah satu sektor investasi yang banyak dipilih untuk menjaga kestabilan keuangan agar tidak terpengaruh dengan dampak inflasi. Oleh karena itu wajar jika akhirnya banyak investor memilih investasi properti untuk menyelamatkan harta mereka dari gerusan inflasi.

Dengan melakukan investasi properti, maka Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan uang tanpa harus melakukan pekerjaan dengan risiko besar. Tapi, bukan berarti investasi properti bisa semudah seperti yang dilihat. Investasi properti bisa maksimal jika strategi yang dijalankan maksimal, dengan perencanaan matang.

Sebagai pemula Anda bisa memulainya dengan investasi properti di apartemen. Kenapa apartemen? Karena apartemen lebih mudah untuk disewakan dan return sewanya tinggi sehingga dapat dijadikan passive income disamping harganya juga naik (capital gain).

Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi laris tidaknya apartemen Anda untuk disewakan adalah lokasi. Lokasi apartemen harus strategis, dan dekat dengan kawasan bisnis, atau bisa juga dekat dengan kawasan pariwisata.

 Saat ini pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan bahwa area pariwisata di Indonesia akan digenjot habis untuk meningkatkan perekonomian di Indonesia. Dengan memiliki apartemen di kawasan wisata, Anda bisa menyewakannya tiap akhir pekan.

Selain itu ada banyak faktor lain yang mempengaruhi untung tidaknya investasi properti apartemen, diantaranya:

1. Developer Terpercaya

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari developer terpercaya. Ketika berhubungan dengan apartemen, Anda sepenuhnya bergantung kepada developer, pilihlah developer terpercaya agar tidak terjadi masalah di kemudian hari seperti pembangungan apartemen mangkrak, ataupun perijinan belum jelas.

Anda bisa mengetahuinya dengan melihat track record dari projek-projek sebelumnya. Developer tersebut harus berpengalaman dengan proyek-proyek besar dan memiliki sumber daya manusia berkualitas.

2. Cermati Harga Properti

Bagaimanapun juga, Anda akan menjalankan bisnis properti ini memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Tentu saja harga yang ditawarkan juga harus masuk akal, dan memiliki bentuk dan kualitas bangunan bagus dengan fasilitas lengkap. Jika harga awal properti sudah mahal, maka Anda pun harus memberikan harga sewa yang cukup tinggi.

3. Transportasi Mudah di Akses

Apartemen yang mudah di akses tentu menguntungkan investor ataupun end user (pengguna). Salah satunya jika apartemen tersebut dekat dengan pintu tol dan dekat dengan stasiun LRT. Menurut laporan Kompas, harga properti yang berada dalam jalur proyek transportasi Light Rail Transit (LRT) bisa melejit hingga 200%! Oleh karena itu sudah saatnya untuk berinvestasi properti di wilayah yang dilewati LRT.

4. Fasilitas Memadai

Selain lokasi, beberapa fasilitas apartemen juga sangat penting untuk dicermati. Hal tersebut karena setiap orang pasti menginginkan lokasi properti dengan fasilitas memadai, dari mulai fasilitas pendidikan, pusat perbelanjaan, pusat olahraga, dan fasilitas lainnya. Hal ini harus bisa Anda lakukan supaya pembeli bisa lebih nyaman dan mau membeli properti yang ditawarkan. Walaupun mungkin harga yang ditawarkan akan sedikit mahal.

5. Jika Belum Cukup Biaya, Manfaatkan Fasilitas dari KPA (Kredit Pemilikan Apartemen)

Jika jumlah uang yang dimiliki belum cukup untuk membeli satu unit apartemen, tidak perlu khawatir, Anda bisa mengambil KPA, saat ini pihak developer membolehkan DP sebesar 10 %, bahkan beberapa perusahaan ada yang memberikan diskon DP hingga 5 %.

6. Melihat Contoh Unit Apartemen

Biasanya apartemen ditawarkan saat belum dibangun. Sebaiknya perhatikan contoh unit apartemen dengan baik, mulai dari bahan pintu, lantai, dinding ataupun atap. Anda juga bisa memperhatikan fasilitas gratis yang diberikan oleh pihak developer seperti perabotan kamar mandi ataupun Air Conditioner.

7. Harga sewa (Rental yield) dan potensi keuntungan

Berapa pendapatan sewa yang bisa didapatkan dan potensi keuntungannya? Beberapa perusahaan memberikan jaminan sewa selama beberapa tahun. Dengan menyewakan apartemen Anda, hal ini bisa membantu Anda dalam membayar cicilan KPA per bulan.

Related Posts:

Bingung Mulai Investasi Properti? Pilih Apartemen atau Rumah Ya?

Bingung Mulai Investasi Proper...

"Apartemen atau rumah tapak, mana sih yang lebih menguntungkan? Lalu apa saja kelebihan dan kekurangannya jika saya investasi pada properti t...

Ingin Investasi Properti? Ini Kriteria Hunian yang Wajib Anda Incar

Ingin Investasi Properti? Ini ...

Investasi bukanlah hal baru bagi dunia bisnis, terutama di Indonesia. Banyak orang sudah mencoba berinvestasi untuk mencapai target finansial, khu...

Sebelum Jadi Investor, Pahami 13 Istilah Dalam Properti Ini!

Sebelum Jadi Investor, Pahami ...

Semakin maraknya pembangunan properti di Indonesia, semakin banyak juga orang tertarik menjadi investor properti. Hal ini didorong oleh sejumlah p...

Do & Don'ts: 6 Tips Cerdas Sebelum Memulai Investasi Properti

Do & Don'ts: 6 Tips Cerdas Seb...

Mungkin banyak orang yang bertanya “Mengapa harus investasi?”. Jawabannya adalah memiliki cukup uang saat Anda tidak bisa lagi bekerja. Ya, ba...