facebook pixel

Detail Article

Bingung Mulai Investasi Properti? Pilih Apartemen atau Rumah Ya?

investasi properti

"Apartemen atau rumah tapak, mana sih yang lebih menguntungkan? Lalu apa saja kelebihan dan kekurangannya jika saya investasi pada properti tersebut?". Banyak sekali orang yang bertanya mengenai hal tersebut, terlebih lagi para calon investor yang akan bergelut disektor investasi properti.

Terdapat dua macam investasi properti yang populer di pasaran, yaitu investasi rumah atau invetasi apartemen. Keduanya memiliki manfaat dan nilai ekonomi yang sama menguntungkan. Namun seringkali para investor masih bingung mana yang lebih berpotensi tinggi diantara keduanya.

Pastinya, para pemburu properti memiliki beberapa alasan dalam memilih hunian, seperti lokasi strategis, adalah salah satu alasan kuat mengapa beberapa orang lebih memilih apartemen. Sedangkan halaman, juga salah satu alasan kuat mengapa beberapa orang lebih memilih rumah.

Nah, apabila akan memulai investasi properti, ada baiknya jika Anda mempertimbangkan kriteria hunian yang wajib diincar dan beberapa perbandingan kelebihan & kekurangan investasi rumah atau apartemen berikut ini.

Potensi Investasi Rumah

investasi rumah - olympic residence sentul

Dalam investasi rumah, terdapat dua faktor yaitu pendapatan sewa dan pendapatan jual. Dalam pendapatan sewa rumah mungkin tidak begitu signifikan dibanding sewa apartemen. Namun ketika Anda menjualnya, bisa jadi hasilnya akan cukup baik bahkan biasanya nilai penjualan sebuah rumah akan terus naik, hal itu dikarenakan harga tanah yang terus menanjak.

Keuntungan Investasi Rumah:

  1. Cenderung mudah dijual.

  2. Dapat dijadikan jaminan kredit bank.

  3. Kebebasan untuk melakukan renovasi bangunan.

  4. Biaya maintenance per bulan lebih hemat.

  5. Harga jual cenderung naik tiap tahun.

Kerugian Investasi Rumah:

  1. Jika salah pilih lokasi akan ada potensi banjir, longsor, dan lainnya yang tidak dapat diprediksi.

  2. Biaya perawatan bangunan tiap tahun.

  3. Cenderung membutuhkan waktu lama untuk menjualnya (karena faktor lokasi dan bunga KPR tinggi).

  4. Harga sewa lebih kecil dibanding dengan apartemen (Capital rate 3-7%/tahun sesuai fasilitas dan bangunan).

  5. Setiap tahun wajib membayar PBB (Pajak Bumi dan Bangunan).

  6. Harus merenovasi rumah jika penyewa tidak merawatnya dengan baik.

  7. Jika mencari rumah baru dibangun, lahan di daerah metropolitan sangat terbatas, sehingga cenderung jauh dari pusat kota.

Potensi Investasi Apartemen

investasi apartemen

Seperti yang kita tahu, menyewakan apartemen memang memberi potensi pendapatan yang tinggi, apalagi jika apartemen yang Anda miliki berada di kawasan strategis dengan fasilitas lengkap seperti Apartemen Olympic Residence Sentul. Karena biasanya penghuni apartemen adalah kalangan ekonomi mapan dengan kebutuhan tinggi dan serba praktis. Maka dari itu, Anda perlu meneliti kembali apa yang dibutuhkan pasar, dan carilah apartemen yang menyediakan fasilitas selengkap-lengkapnya.

Apartemen Olympic Residence Sentul adalah pilihan terbaik bagi Anda yang akan melakukan investasi properti maupun yang sedang mencari hunian dengan fasilitas lengkap mulai dari gym center, kolam renang, taman bermain anak, jogging track, dekat dengan akses jalan tol, serta tempat wisata.

Keuntungan Investasi Apartemen:

  1. Strategis, biasanya lokasi ada di dekat pusat kota, Central Business District maupun dekat tempat pendidikan ternama.

  2. Banyak fasilitas pendukung yang ditawarkan, seperti kolam renang, gym, mini market, restoran, dan lainnya.

  3. Lebih privasi.

  4. Keamanan lebih terjaga selama 24 jam.

  5. Harga sewa lebih besar dibanding rumah. Capital rate tinggi sekitar 7%-11% per tahun (tergantung fasilitas, tipe, dan lokasi).

Kerugian Investasi Apartemen:

  1. Luas bangunan terbatas, tidak cocok untuk tinggal dengan keluarga besar.

  2. Legalitas status penggunaan tanah HGB (Hak Guna Bangun).

  3. Renovasi terbatas pada interior.

  4. Biaya maintenance per bulan lebih mahal.

Biaya maintenance apartemen memang berbeda dengan maintenance rumah, karena hunian vertikal memiliki biaya perawatan khusus, serta biaya bangunan lainnya seperti:

1. Biaya-biaya Pajak

Setiap pembelian properti pastinya terdapat pajak-pajak yang dikenakan pemerintah. Seperti halnya pembelian properti apartemen, Anda wajib membayar biaya-biaya pajak seperti PPn, PPnBM, BPHTB. Besaran jumlah pajak tergantung dari jenis, nilai dan lokasi hunian.

2. Biaya Cicilan

Biaya ini berlaku ketika Anda mencicil apartemen. Ini adalah biaya total hunian yang dikurangi DP dibagi jangka waktu cicilan. Umumnya, bank akan menghitung cicilan tidak lebih dari sekitar 30% dari jumlah gaji Anda per bulannya.

3. Biaya Tarif Bisnis

Biaya maintenance apartemen ini meliputi biaya listrik, air, gas, TV, internet, telepon dan biaya service lainnnya, seperti biaya kebersihan, keamanan dan perawatan gedung. Setiap apartemen memiliki tarif bisnis yang berbeda, dan biasanya ditarik setiap bulan, 3 bulan, atau per tahun dan besarnya tergantung luas hunian.

Dari penjelasan kelebihan dan kekurangan masing-masing properti di atas, jelas terlihat bahwa apartemen merupakan investasi properti terbaik untuk jangka pendek atau menengah.

Sedangkan, rumah merupakan pilihan investasi properti terbaik untuk jangka panjang. Karena nilai tanah cenderung meningkat setiap tahunnya. Semakin sedikitnya lahan serta semakin banyaknya permintaan akan membuat rumah dan tanah menjadi hal yang langka.

Jika Anda sudah mantap untuk memulai investasi properti, kini saatnya mencari! Tidak perlu repot dan buang uang dengan mendatangi satu per satu lokasinya hanya untuk survey, akan sangat lebih mudah jika Anda mencarinya melalui portal online.

Carilah apartemen yang berdiri di lokasi strategis dengan segala fasilitas pendukung yang lengkap, berada di daerah Sunrise Property, serta akses ke lokasi sangat mudah. Hal tersebut akan membuat nilai sewa (capital rate) tinggi, cepat laku tersewa, dan membuat cah flow Anda lancar. Yuk bijak berinvestasi!

Related Posts:

Syarat Membeli Apartemen Untuk WNA

Syarat Membeli Apartemen Untuk...

Pembangunan properti di Indonesia semakin berkembang pesat, terutama hunian berupa apartemen. Para investor tentu tak menutup mata melihat kesempatan emas ini. Mereka menilai investasi di sektor properti paling menguntungkan k...

Sebelum Jadi Investor, Pahami 13 Istilah Dalam Properti Ini!

Sebelum Jadi Investor, Pahami ...

Semakin maraknya pembangunan properti di Indonesia, semakin banyak juga orang tertarik menjadi investor properti. Hal ini didorong oleh sejumlah pemberitaan tentang besarnya keuntungan yang bisa didapat. Memang investasi prope...

7 Tips Sukses Lewat Investasi Properti

7 Tips Sukses Lewat Investasi ...

Saat ini investasi properti merupakan salah satu sektor investasi yang banyak dipilih untuk menjaga kestabilan keuangan agar tidak terpengaruh dengan dampak inflasi. Oleh karena itu wajar jika akhirnya banyak investor memilih ...

Ingin Investasi Properti? Ini Kriteria Hunian yang Wajib Anda Incar

Ingin Investasi Properti? Ini ...

Investasi bukanlah hal baru bagi dunia bisnis, terutama di Indonesia. Banyak orang sudah mencoba berinvestasi untuk mencapai target finansial, khususnya bagi mereka yang memiliki banyak modal. Jika dikelola dengan baik, maka b...

whatsapp phone sms telegram