facebook pixel

Detail Article

Investasi Apartemen Atau Deposito, Mana Yang Lebih Untung?

Di era sekarang ini investasi sepertinya sedang menjadi trend di masyarakat, terutama anak muda. Dengan menanamkan sejumlah uang diharapkan uang tersebut dapat berkembang sedemikian rupa. Itulah sebabnya investasi semakin banyak saja peminatnya.

Bicara soal investasi, biasanya ada dua sektor yang sering menjadi sasaran masyarakat, yaitu investasi apartemen dan investasi deposito. Kedua bentuk investasi ini banyak diminati karena dianggap memiliki risiko yang kecil jika dibandingkan dengan investasi lain.

“Lalu diantara kedua investasi ini, manakah yang lebih menguntungkan?”

Pertanyaan di atas tentu akan membingungkan Anda yang sedang mencari aset investasi yang tepat. Nah, artikel kali ini akan menjelaskan bagaimana perbandingan antara investasi apartemen dan investasi deposito berdasarkan beberapa kriteria di bawah ini.

Apartemen atau deposito

Investasi Apartemen atau Investasi Deposito?

1. Keamanan

Maksudnya adalah keamanan dana investasi Anda. Jika investasi apartemen maka Anda akan memiliki sebuah hunian vertikal yang berwujud dan dapat terlihat secara nyata.

(Baca juga: Mengapa Investasi Apartemen Penting untuk Generasi Muda?)

Tapi jika yang Anda pilih adalah investasi deposito, maka hal itu akan rawan tergerus oleh pajak. Ini disebabkan karena produk perbankan seperti deposito dan tabungan bukanlah produk yang dirancang sebagai investasi jangka panjang sehingga akan rawan terhadap peraturan perpajakan.

2. Pertambahan Nilai Uang

Bayangkan jika Anda akan berinvestasi dengan modal sebesar Rp 400  juta dalam 15 tahun, baik investasi apartemen maupun investasi deposito. Kemudian hitung dan bandingkan bagaimana pertambahan nilai uang dari kedua investasi tersebut.

Umumnya nilai sewa apartemen adalah 40% dari harga asli apartemen tersebut. Sedangkan menurut perhitungan harga tanah dan bahan bangunan akan naik sekitar 20% setiap tahunnya. Harga sewa pun akan mengalami kenaikan sekitar 5 juta setiap tahun.

Untuk itu, jika Anda menyewakan apartemen tersebut selama 15 tahun, maka nilai investasi Anda dari Rp 400 juta menjadi Rp 1,125 miliar. Sangat fantastis bukan?

Hanya saja biasanya serah terima sebuah apartemen dapat dilakukan dalam waktu 24 bulan. Artinya, Anda tidak bisa menyewakan apartemen tersebut selama proses pembangunan itu masih berlangsung.

Mari bandingkan jika sobat olympic memilih untuk investasi deposito bank. Rata-rata perbankan akan memberikan suku bunga deposito sebesar 8% dalam setahun atau Rp 32 juta. Sehingga besaran bunga yang akan diterima selama 15 tahun adalah Rp 32 juta x 15 = Rp 384 juta. Dan jika ditambah dengan dana awal yang digunakan adalah Rp 400 juta + Rp 384 juta = Rp 784 juta.

Selain itu, pada umumnya suku bunga deposito akan menurun setiap tahunnya.

(Baca juga: 7 Alasan Apartemen di Bogor jadi Prospek Investasi Menjanjikan)

3. Kepemilikan Aset

Investasi apartemen jelas sangat menjanjikan. Dan jika Anda sudah berhasil melunasinya dalam tempo waktu yang telah ditentukan, maka hunian tersebut dapat menjadi aset yang nilainya akan terus mengalami kenaikan. Apa lagi jika Anda berniat menjualnya 15 tahun kemudian, maka selain mendapatkan uang sewa, Anda pun akan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan apartemen tersebut.

Berbeda jika Anda investasi deposito. Anda hanya akan mendapatkan uang tambahan yang bersumber dari bunga yang diberikan oleh perbankan.

Dari ketiga kriteria di atas, investasi apartemen merupakan pilihan yang tepat untuk jangka panjang. Jenis investasi yang satu ini lebih aman dari peraturan perpajakan dan peraturan perbankan. Sehingga wajar jika banyak masyarakat yang memilih apartemen sebagai ladang investasi jangka panjang mereka. Invest now or regret tomorrow!

Related Posts:

6 Alasan Memilih OLYMPIC RESIDENCE Untuk Investasi Apartemen di Bogor

6 Alasan Memilih OLYMPIC RESID...

Dunia properti memang seakan tidak ada matinya. Hampir setiap tahun selalu ada developer yang mengembangkan properti, baik itu berupa perumahan, apartemen, kondominium, ruko, dan lainnya. Bahkan pembangunan properti ini sudah ...

Capital Gain Apartemen di Bogor Tembus 100% Dalam 3 Tahun Ke Depan

Capital Gain Apartemen di Bogo...

Tak dapat di pungkiri bahwa pasokan apartemen di Kota Bogor terus bertambah meski pertumbuhan harga relatif stagnan. Bahkan beberapa apartemen sudah tidak menyasar pusat kota. Hal ini lantaran para developer percaya akan besar...

Do & Don'ts: 6 Tips Cerdas Sebelum Memulai Investasi Properti

Do & Don'ts: 6 Tips Cerdas Seb...

Mungkin banyak orang yang bertanya “Mengapa harus investasi?”. Jawabannya adalah memiliki cukup uang saat Anda tidak bisa lagi bekerja. Ya, bagaimanapun kita harus mengumpulkan cukup banyak uang untuk mengimbangi inflasi d...

Investasi Apartemen Dekat Kampus, Prospek Baru Para Investor

Investasi Apartemen Dekat Kamp...

Apartemen dianggap sebagai barang mewah yang dapat menjadi aset investasi yang cukup menjanjikan. Selain kenaikan harga jual (capital gain) tinggi, melalui investasi apartemen Anda bisa memiliki passive income bulanan atau tah...

whatsapp phone sms telegram