facebook pixel

Detail Article

Sebelum Jadi Investor, Pahami 13 Istilah Dalam Properti Ini!

istilah dalam properti - apartemen olympic residence

Semakin maraknya pembangunan properti di Indonesia, semakin banyak juga orang tertarik menjadi investor properti. Hal ini didorong oleh sejumlah pemberitaan tentang besarnya keuntungan yang bisa didapat. Memang investasi properti sangat menjanjikan, namun ini juga berbanding lurus dengan risiko yang cukup besar.

Untuk itu, agar tidak salah langkah bekali diri dengan pengetahuan cukup mengenai dunia properti. Selain harus mempersiapkan strategi jitu, Anda juga wajib memahami beberapa istilah dalam investasi properti berikut ini.

12 Istilah dalam investasi properti.

1. Sunrise Property

Pastinya Anda sudah sering mendengar istilah ini bukan? Sunrise property adalah properti baru yang kenaikan nilainya stabil dan berkembang. Bila mengacu pada lokasi, maka ini mengambarkan kawasan modern direhabilitasi atau daerah baru yang berkembang signifikan.

2. Sunset Property

Istilah satu ini kebalikan dari sunrise property, di mana properti cenderung berusia tua. Kualitasnya menurun dan biasanya kurang baik secara ekonomi. Secara lokasi, menggambarkan kawasan yang kurang mendukung, seperti akses sulit, lingkungan tidak aman dan sebagainya.

3. Booming Property

Booming menggambarkan terjadinya kelonjakan pembelian pada produk properti atau diibaratkan penjualan sedang laris manis.

4. Property Crash

Istilah dalam properti yang harus diketahui lainnya adalah property crash, kebalikan dari booming. Banyak digunakan ketika menggambarkan kegoncangan properti. Permasalahan yang memicu biasanya ketidakstabilan ekonomi. Situasi ini akan membuat harga properti jadi melonjak tajam atau turun drastis.

5. Return on Investment (ROI)

Lain halnya dengan istilah dalam properti ini yang juga sudah sering kita dengar. ROI adalah ukuran untuk menentukan keuntungan atau nilai dari investasi properti. Rumus ROI adalah (laba – investasi) / total investasi x 100%.

6. Capital Gain

Bicara tentang keuntungan investasi properti, ada istilah capital gain berarti posisi menguntungkan para investor yang didapat dari kenaikan harga properti. Keuntungan tersebut dibandingkan dengan harga saat membeli yang tentu lebih murah.

7. Yield

Keuntungan dihitung dari nilai sewa per tahun dibagi harga properti. Misalnya, harga properti Rp100 juta sementara harga sewa Rp5 juta per tahun, maka yield properti tersebut 5%.

8. Turn Over

Merupakan gambaran tentang kapan waktunya suatu investasi akan balik modal.

9. NUP (Nomor Urut Pemesanan)

Istilah dalam property ini sering disebut priority pass, biasanya diberikan pada calon pembeli potensial. NUP adalah skema membeli properti menggunakan antrian nomor urut. NUP biasanya diberikan sebelum properti siap atau resmi dijual ke publik.

10. Okupansi

Untuk menunjukkan sejumlah unit yang sudah terisi atau disewa dalam sebuah properti. Contohnya seperti gedung apartemen, perkantoran atau pusat perbelanjaan.

11. Turn Key

Kesepakatan waktu untuk serah terima kunci, misalnya dilakukan oleh kontraktor ke pengembang atau dari pengembang ke pembeli.

12. Loss Transaction

Saat membeli apartemen untuk investasi properti, biasanya ada biaya-biaya yang tidak terlihat dan tak terduga, misalnya pembayaran biaya broker atau marketing, pembayaran pajak PPH, BPHTB, dan lainnya.

13. Akta Jual Beli (AJB)

Akta yang menyatakan telah terjadi peralihan hak kepemilkan atas sebuah aset dan sah secara hukum, karena nama pada sertifikat telah diganti sesuai pemilik barunya.

Nah, selain yang disebutkan di atas, dilansir dari 99.co, masih banyak lagi istilah properti yang harus Anda pahami. Berbisnis dalam sektor properti memang memang selalu menarik untuk dibahas. Dengan selalu up to date pada berita seputar properti dan mengetahui hal-hal apa saja yang sedang hangat diperbincangkan seperti halnya mengetahui tentang istilah dalam properti, ini akan semakin menambah pengetahuan Anda dalam berinvestasi properti.

Related Posts:

Syarat Membeli Apartemen Untuk WNA

Syarat Membeli Apartemen Untuk...

Pembangunan properti di Indonesia semakin berkembang pesat, terutama hunian berupa apartemen. Para investor tentu tak menutup mata melihat kesempatan emas ini. Mereka menilai investasi di sektor properti paling menguntungkan k...

Bingung Mulai Investasi Properti? Pilih Apartemen atau Rumah Ya?

Bingung Mulai Investasi Proper...

"Apartemen atau rumah tapak, mana sih yang lebih menguntungkan? Lalu apa saja kelebihan dan kekurangannya jika saya investasi pada properti tersebut?". Banyak sekali orang yang bertanya mengenai hal tersebut, terlebi...

Investasi Properti Semakin Jadi Primadona, Ternyata Ini Faktornya!

Investasi Properti Semakin Jad...

Investasi merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh orang-orang masa kini untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bahkan jika Anda termasuk orang yang pandai dalam memilih sektor investasi yang tepat, maka bukan tidak mung...

7 Tips Sukses Lewat Investasi Properti

7 Tips Sukses Lewat Investasi ...

Saat ini investasi properti merupakan salah satu sektor investasi yang banyak dipilih untuk menjaga kestabilan keuangan agar tidak terpengaruh dengan dampak inflasi. Oleh karena itu wajar jika akhirnya banyak investor memilih ...

whatsapp phone sms telegram