facebook pixel

Detail Article

Syarat Membeli Apartemen Untuk WNA

syarat membeli apartemen untuk WNA

Pembangunan properti di Indonesia semakin berkembang pesat, terutama hunian berupa apartemen. Para investor tentu tak menutup mata melihat kesempatan emas ini. Mereka menilai investasi di sektor properti paling menguntungkan karena meski ekonomi dalam kondisi sulit, harganya tak akan turun dan tak terkena dampak inflasi. Bahkan tak hanya investor lokal, warga negara asing (WNA) pun banyak yang tertarik berinvestasi properti di Indonesia.

Tapi apakah bisa WNA membeli apartemen di Indonesia?

Tentu saja bisa. Hal ini lantaran pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 103/2015 tentang Pemilikan Rumah Tempat Tinggal atau Hunian oleh Orang Asing yang berkedudukan di Indonesia. Namun tetap saja, ada beberapa syarat membeli apartemen untuk WNA yang wajib dipenuhi. Apa saja? Yuk simak selengkapnya.

1. Hanya Boleh Membeli Apartemen Dengan Sertifikat Hak Pakai

Bagi WNA yang ingin membeli apartemen di Indonesia, pemerintah hanya mengizinkan untuk membelinya dengan Sertifikat Hak Pakai. Sertifikat ini dapat diperpanjang selama 30 tahun, lalu diperpanjang lagi 20 tahun dan diperbarui lagi selama 30 tahun. Jadi mereka bisa tinggal di apartemen tersebut selama 80 tahun. Apartemen yang dibeli oleh WNA bisa di sewakan bahkan diwariskan.

2. Memiliki Kitas

Berdasarkan PP No. 103 pasal 2 ayat 2 menyatakan bahwa WNA yang boleh membeli properti di Indonesia harus memiliki izin tinggal dan menetap di Indonesia atau biasa disebut KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) yang diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Ham.

Syarat mendapatkan KITAS ini adalah WNA harus bekerja dulu di Indonesia dan kartu ini wajib diperpanjang selama 2 tahun sekali.

3. Hanya Rumah Tapak dan Apartemen

Perlu diketahui juga, tidak semua jenis properti dapat dibeli oleh WNA. Menurut PP No. 103 pasal 1 ayat 2, WNA hanya boleh membeli rumah tapak (landed) atau apartemen.

4. Menikah Dengan Orang Indonesia

Syarat membeli apartemen satu ini juga penting. Jika WNA menikah dengan orang Indonesia, mereka berkesempatan  menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Selain itu juga wajib mencantumkan nama apartemen yang dibeli ke Surat Perjanjian Pranikah, karena properti tersebut akan menjadi harta bersama dengan pasangan meski yang membelinya adalah WNA.

5. Harga Properti Di Atas 5 Miliar

Harga properti yang ditentukan pemerintah untuk WNA pun tak main-main, yaitu harus di atas 5 Miliar. Ini memang sengaja dilakukan untuk mencegah warga asing membeli rumah murah, sehingga masyarakat berpenghasilan rendah dapat terlindungi.

Itulah beberapa syarat membeli apartemen untuk WNA. Semoga dengan kondisi ini dapat memberi dampak positif untuk mendorong industri properti nasional level menengah ke atas semakin bergairah.

Related Posts:

4 Rekomendasi Tempat Wisata Di Sentul yang Instagramable

4 Rekomendasi Tempat Wisata Di...

Bagi sebagian orang, pergi ke mall di akhir pekan mungkin sudah membosankan. Padahal Anda bisa mencari alternatif wisata lain yang tak kalah asik dan mudah di jangkau. Bicara tentang tempat wisata, beruntunglah Anda yang tingga...

Misteri Hilangnya Angka 4 dan 13 di Lift, Ternyata Ini Jawabannya!

Misteri Hilangnya Angka 4 dan ...

Jika Anda tinggal di apartemen, menginap di hotel, atau bekerja di gedung pencakar langit, Anda pasti sering menggunakan lift untuk berpindah lantai. Saat menggunakan lift, coba perhatikan, ternyata terdapat beberapa nomor lantai ...

Bingung Mulai Investasi Properti? Pilih Apartemen atau Rumah Ya?

Bingung Mulai Investasi Proper...

"Apartemen atau rumah tapak, mana sih yang lebih menguntungkan? Lalu apa saja kelebihan dan kekurangannya jika saya investasi pada properti tersebut?". Banyak sekali orang yang bertanya mengenai hal tersebut, terlebi...

Sebelum Jadi Investor, Pahami 13 Istilah Dalam Properti Ini!

Sebelum Jadi Investor, Pahami ...

Semakin maraknya pembangunan properti di Indonesia, semakin banyak juga orang tertarik menjadi investor properti. Hal ini didorong oleh sejumlah pemberitaan tentang besarnya keuntungan yang bisa didapat. Memang investasi prope...