facebook pixel

Detail Article

3 Hal Penting Penunjang Sistem Keamanan di Apartemen

keamanan di apartemen

Saat membeli apartemen, hal pertama yang banyak dipertimbangkan buyer adalah harga, lokasi, dan fasilitas. Tak banyak dari mereka yang memperhatikan aspek lain seperti rasio parkir dan sistem keamanan di apartemen.

Mengingat banyaknya gedung apartemen yang memiliki lahan parkir tidak sepadan dengan jumlah penghuni, hal ini akan memicu ketidaknyamanan bagi Anda yang memiliki kendaraan pribadi. Lalu, berapa rasio parkir yang ideal untuk sebuah apartemen? Sobat olympic bisa membaca selengkapnya pada artikel Mau Beli Apartemen, Perhatikan Juga Rasio Parkirnya!

Selain rasio parkir, ada juga masalah sistem keamanan di apartemen yang seringkali luput dari perhatian pembeli. Meskipun tinggal di apartemen sudah terkenal dengan kemananannya, tapi kewaspadaan tetap harus ada ‘kan?

Karena keamanan adalah prioritas utama, yuk pastikan dulu sistem kemanan ini tersedia di apartemen incaran Anda.

1. Petugas Keamanan 24 Jam

petugas keamanan

Pengawasan oleh petugas keamanan tentu sudah menjadi hal mutlak harus ada di setiap apartemen. Hal ini karena apartemen berbeda dengan rumah tapak (landed) yang hanya ditempati oleh 1 keluarga saja.

Biasanya petugas yang berjaga di apartemen berjumlah lebih dari 20 orang dan memiliki peranan penting dibagiannya masing-masing. Misalnya, petugas keamanan untuk menjaga pintu gerbang (pos) keluar/masuk gedung, ada juga yang menjaga pintu apartemen, lobby, maupun disetiap lantai apartemen.

2. CCTV

cctv

Tak hanya petugas keamanan, apartemen juga wajib menyediakan CCTV untuk mengawasi gerak-gerik orang di sekitar. Karena ukurannya kecil, benda ini dapat diletakkan di manapun yang rawan dikunjungi banyak orang, maupun di tempat sepi. Biasanya CCTV diletakan pada lift, lobby, lorong apartemen, halaman gedung, dan di basement atau tempat parkir.

Dengan bantuan CCTV, dapat membantu kerja para petugas keamanan serta dapat menjadi barang bukti untuk mengungkap tindak kriminal.

3. Access Card System

access card system

Access Card System adalah suatu sistem berupa kartu yang dapat dipakai oleh penghuni, pengunjung dan juga tenant untuk mengakses segala tempat yang ada di apartemen. Umumnya menggunakan ID sistem elektronik dan pintu yang dilengkapi dengan pengunci kartu ID. Sehingga orang lain (selain penghuni apartemen) tidak dapat memasuki kawasan apartemen tersebut jika tidak memiliki kartu ID.

Tapi, tidak semua gedung apartemen memiliki sistem dengan akses kartu ini. Padahal penghuni juga membutuhkan sistem keamanan yang dapat memisahkan antara kawasan internal (dalam) maupun eksternal (luar) apartemen.

Selain itu, access card ini dilengkapi dengan pengamanan darurat. Sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti kebakaran, maka pintu akan terbuka otomatis setelah ada sinyal dari System Fire Alarm.

Nah, pastikan apartemen incaran Anda memiliki beberapa sistem keamanan ini ya! Dengan keamanan berlapis tentunya Anda tak perlu khawatir lagi jika harus meninggalkan apartemen dalam waktu lama. Begitu juga bagi yang memiliki anak kecil, setiap gerakannya di lingkungan apartemen dapat lebih mudah terpantau.

Related Posts:

4 Rekomendasi Tempat Wisata Di Sentul yang Instagramable

4 Rekomendasi Tempat Wisata Di...

Bagi sebagian orang, pergi ke mall di akhir pekan mungkin sudah membosankan. Padahal Anda bisa mencari alternatif wisata lain yang tak kalah asik dan mudah di jangkau. Bicara tentang tempat wisata, beruntunglah Anda yang tingga...

Misteri Hilangnya Angka 4 dan 13 di Lift, Ternyata Ini Jawabannya!

Misteri Hilangnya Angka 4 dan ...

Jika Anda tinggal di apartemen, menginap di hotel, atau bekerja di gedung pencakar langit, Anda pasti sering menggunakan lift untuk berpindah lantai. Saat menggunakan lift, coba perhatikan, ternyata terdapat beberapa nomor lantai ...

Syarat Membeli Apartemen Untuk WNA

Syarat Membeli Apartemen Untuk...

Pembangunan properti di Indonesia semakin berkembang pesat, terutama hunian berupa apartemen. Para investor tentu tak menutup mata melihat kesempatan emas ini. Mereka menilai investasi di sektor properti paling menguntungkan k...

Capital Gain Apartemen di Bogor Tembus 100% Dalam 3 Tahun Ke Depan

Capital Gain Apartemen di Bogo...

Tak dapat di pungkiri bahwa pasokan apartemen di Kota Bogor terus bertambah meski pertumbuhan harga relatif stagnan. Bahkan beberapa apartemen sudah tidak menyasar pusat kota. Hal ini lantaran para developer percaya akan besar...