facebook pixel

Detail Article

6 Cara Merawat Tanaman Hias Di Apartemen Agar Tumbuh Sempurna

cara merawat tanaman - olympic residence

Pada artikel sebelumnya, Olympic Residence sudah membahas 7 tanaman yang dapat berkembang di apartemen. Mungkin Anda bertanya-tanya “Setelah menanam, apakah sulit cara merawat tanaman hias di apartemen?” atau “Bagaimana mungkin tanaman dapat hidup di tempat dengan cahaya matahari terbatas?”

Ya, tidak ada salahnya Anda membuat taman di Apartemen. Meskipun tidak memiliki halaman luas, namun Anda masih bisa merawat tanaman dengan baik dengan memanfaatkan beberapa area yang ada, seperti balkon atau tempat kecil lainnya.

Dikutip dari wellandgood.com, yuk simak 6 cara merawat tanaman hias di apartemen berikut ini.

1. Menganalisa Cahaya

Sebelum Anda memulai berkebun, hal pertama sebelum merawat tanaman adalah menganalisa cahaya. Pastikan pencahayaan apartemen Anda cukup untuk memenuhi kebutuhan cahaya matahari dari tanaman agar dapat tumbuh. Karena tidak semua tumbuhan mempunyai respon terhadap intensitas cahaya yang tinggi. Beberapa tumbuhan hanya memerlukan sepersepuluh dari cahaya matahari penuh.

Bila balkon atau teras apartemen Anda terkena cahaya matahari langsung secara terus menerus maka tanaman tahan panas dapat menjadi pilihan baik.

2. Pilih Tanaman yang Cocok

tumbuhan yang cocok di apartemen

Setelah menganalisa cahaya, pilihlah tanaman yang cocok untuk dikembangkan pada apartemen Anda. Anda dapat memilih tanaman hias untuk menambah keindahan dekorasi apartemen. Atau tumbuhan yang dapat dimakan sebagai tambahan bumbu dapur.

Namun, karena apartemen memiliki lahan minimalis (terlebih lagi apartemen studio), Anda harus pintar-pintar menempatkan tanaman. Oleh karena itu, ukurannya juga perlu dipertimbangkan agar tidak memakan banyak tempat.

Carilah tanaman yang tidak akan membesar. Rumput dan tumbuhan merambat lainnya dapat menyejukan teras namun memerlukan tempat luas. Pilih tanaman berbentuk kolumnar dan pyramidal untuk area terbatas.

3. Gunakan Pot Multifungsi

Gunakan pot atau wadah yang dapat menyiram secara otomatis (seperti memiliki tempat penampungan air) sehingga dapat menjaga kelembapan tanah tanpa harus disiram terus menerus. Jika menggunakan pot biasa tanahnya akan mudah kering saat musim panas sehingga perlu penyiraman lebih.

Tentu hal ini sangat merepotkan, bukan? Apalagi bagi Anda yang selalu berada di luar ruangan. Ini adalah salah satu cara merawat tanaman hias di apartemen yang paling praktis. Dengan wadah otomatis ini, Anda tidak perlu menambah kesibukan untuk membuat jadwal penyiraman tanaman setiap harinya.

4. Jangan Terlalu Banyak Air

Selain membutuhkan cahaya matahari, tanaman juga membutuhkan air. Namun, penyiraman berlebihan tentunya bukanlah hal baik untuk tanaman Anda. Siramlah setiap hari dan tanah harus lembap saat disentuh tapi jangan sampai kelebihan air (banjir).

5. Penempatan Tanaman

penempatan - olympic residence sentul

Cara merawat tumbuhan lainnya adalah dengan mengatur penempatan tanaman, sangat penting agar apartemen studio tidak terasa sempit. Pilihlah tumbuhan yang dapat hidup baik dibeberapa lokasi berbeda. Anda dapat menaruh tanaman berbunga yang memerlukan banyak sinar matahari di jendela.

Tanaman berdaun terang dan beraneka warna akan memberikan kesan menarik bila disimpan di tempat terang tapi tanpa terkena cahaya matahari langsung. Tanaman Lili mampu hidup di sekitar pojok ruangan apartemen.

6. Perhatikan Perawatannya

Seperti pada umumnya, segala jenis tumbuhan diletakkan di ruangan indoor maupun outdoor harus selalu dirawat secara teratur agar tumbuh sehat. Namun, perawatannya harus disesuaikan tergantung karakteristik tanaman. Jika tidak memiliki banyak waktu, Anda dapat menanam tumbuhan yang bisa berkembang sehat tanpa perhatian khusus kecuali bila Anda tertantang untuk menanam tanaman yang Anda sukai.

Ternyata cara merawat tanaman hias di apartemen tidak sesulit yang kita bayangkan, bukan? Dengan perawatan dan pemilihan tumbuhan yang tepat, selain Anda bisa memiliki tanaman favorit, juga dapat menambah keindahan dekorasi apartemen. Selamat berkebun!

whatsapp phone sms telegram