facebook pixel

Detail Article

6 Tips Desain Kamar Tidur Minimalis Agar Terlihat Luas

tips memaksimalkan kamar tidur kecil

Mengoptimalkan kamar tidur dengan luas terbatas, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik hunian. Biasanya, permasalahan klasik ini seringkali dihadapi oleh pemilik apartemen, khususnya apartemen tipe studio.

Apakah Anda juga mengalami masalah yang sama? Bingung bagaimana cara mengatasinya? Olympic Residence Sentul ingin menginspirasi Anda melalui 6 tips mengoptimalkan kamar tidur yang kecil, agar menjadi lebih nyaman dan terasa lapang. Selamat membaca!

#1 Manfaatkan ruang kosong di bawah tempat tidur – dan sembunyikan

Setiap ruang kosong pada kamar tidur Anda, sangatlah penting. Dan perlu diingat bahwa ketika kita tinggal di apartemen tipe studio, maka tidak boleh melewatkan satu milimeter sekali pun.

Ruang kosong di bawah ranjang umumnya jarang mendapat perhatian. Padahal celah ini bisa menjadi tempat penyimpanan yang potensial. Tambahkan beberapa wadah penyimpanan di bawah ranjang dan pertimbangkan untuk memilih warna hitam atau abu-abu agar tidak terlalu mencolok. Terlalu sempit? Cobalah tinggikan kaki ranjang beberapa sentimeter.

#2 Gunakan furnitur multifungsi

Memilih furnitur yang serbaguna bisa menghemat ruangan serta menciptakan ruang gerak yang optimal. Sebagai contoh, rak buku yang juga berfungsi sebagai meja rias. Bisa juga menggunakan ranjang lipat yang dapat dijadikan sebagai meja kerja di siang hari dan tempat tidur di malam hari.

#3 Atau gunakan furnitur yang lebih kecil

furnitur single bed

Tidak perlu tempat tidur double bed jika kita tinggal sendirian. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan tempat tidur single bed yang cantik seperti ini. Perhatikan juga furnitur di sebelah kanan gambar di mana terdapat meja dengan lubang di bawahnya, dan dua bangku kain yang dapat dimasukkan ke dalamnya. Ini adalah contoh-contoh furnitur yang simple dan praktis untuk menghemat ruangan.

#4 Membuat tempat penyimpanan vertikal

Selain memanfaatkan celah di bawah ranjang, Anda juga bisa menggunakan dinding sebagai ruang penyimpanan vertikal. Ganti furnitur-furnitur berukuran besar yang sekiranya memakan banyak tempat dengan furnitur yang praktis. Gunakan rak tempel hingga ke bagian atas dinding. Anda bisa juga memasang beberapa laci atau meja rias di dinding sebagai tempat penyimpanan ekstra.

#5 Manfaatkan Cermin

cermin di lemari

Cermin bisa jadi sarana menciptakan ilusi optik sehingga ruangan tampak lebih luas. Anda bisa coba untuk meletakannya di kamar. Sifat cermin yang memantulkan cahaya juga bermanfaat untuk membuat kamar tampak lebih terang. Dan memasang cermin pada lemari seperti pada gambar di atas, akan membuat kamar tidur kita mendapatkan kedalaman visual yang lebih banyak.

#6 Merapikan Kamar Tidur

Jangan salah, merapihkan tempat tidur merupakan hal terpenting diantara poin-poin di atas. Bayangkan saja, sebesar apapun ruangannya jika Anda sembarangan menaruh barang atau tidak menatanya dengan rapi, pasti akan terlihat sempit juga ‘kan?

Barang-barang yang berserakan atau peletakan furnitur yang salah membuat ruangan tampak sempit dan sumpek. Ruangan kecil akan terasa nyaman dan lebih luas apabila semua barang dan furnitur tertata dengan rapi.

Sebenarnya, masih banyak ide kreatif lain yang bisa Anda aplikasikan untuk mendapat banyak ruang di kamar tidur berukuran kecil. Sepanjang ide kreatif tersebut mampu meningkatkan kenyamanan dan mengoptimalkan peran kamar tidur, kenapa tidak Anda coba?