facebook pixel

Detail Article

7 Cara Jitu Punya Rumah Setelah Menikah

olympic residence sentul - memiliki rumah setelah menikah

Memiliki hunian idaman pastinya merupakan impian semua orang, terlebih bagi Anda pasangan muda yang baru menikah. Berbagai macam alternatif pun disebutkan. Apakah akan tinggal di rumah sendiri, rumah orang tua, apartemen, atau kontrak rumah. Belum lagi masalah di kota mana tempat Anda akan tinggal. Kalau saja punya budget yang cukup untuk membeli rumah idaman, maka semua masalah bisa sirna.

Namun sayangnya, banyak orang yang harus menunda keinginan tersebut karena kondisi finansial belum stabil setelah menggelar pesta pernikahan.

Belum lagi melihat harga hunian seperti apartemen yang terus meningkat setiap tahunnya akan menjadi pertimbangan. Mungkin sebagian dari Anda bingung karena harus memilih membeli rumah atau apartemen untuk hunian pertama. Tenang! Anda bisa membacanya lebih detail pada artikel kami sebelumnya, “Hunian Pertama Pilih Apartemen atau Rumah Ya?”.

Sebenarnya, ada beberapa cara untuk membantu memudahkan para pasangan muda untuk segera mendapatkan hunian idaman. Dikutip dari Rumah.com, berikut beberapa hal yang bisa Anda coba.

Menekan Biaya Resepsi

Banyak yang bilang “Tidak ada salahnya menggelar resepsi pernikahan yang mewah dan menyebar banyak undangan. Ini sekali seumur hidup!”. Ya, tak salah memang mengadakan pesta resepsi untuk merayakan pernikahan. Tapi, hal yang perlu diperhatikan adalah kuota dari pernikahan tersebut, Anda harus mempertimbangkan budget.

Sebaiknya, batasi undangan untuk keluarga dan sahabat-sahabat terdekat saja. Dengan begitu Anda dapat sedikit berhemat dan sisa dana dapat digunakan untuk uang muka pembelian hunian.

Jadikan Uang Pemberian Undangan untuk DP Hunian

Setelah menikah, biasanya pasangan pengantin baru mendapat uang dari para undangan. Daripada uang tersebut habis tak tersisa untuk hal tidak jelas, sebaiknya gunakan untuk modal DP pembelian hunian. Hal ini akan membantu Anda mempercepat memiliki hunian idaman.

Atur Pengeluaran

Tips memiliki hunian setelah menikah selanjutnya adalah mengatur keuangan. Anda dan pasangan harus terbuka soal keuangan masing-masing. Ini berguna untuk pembuatan anggaran rumah tangga.

Anggaran rumah tangga harus dibuat bersama agar masing-masing dapat mengetahui arus keluar-masuk uang. Batasi pengeluaran yang tidak dibutuhkan. Pastikan anggaran yang dibuat ini dipatuhi oleh pasangan sehingga tujuan utama memiliki hunian dapat tercapai.

Berinvestasi

Cara ini memang sedikit sulit untuk dijalankan. Namun untuk mempercepat terkumpulnya uang, jangan hanya sekedar menabung saja. Anda bisa mencoba berinvestasi. Beberapa investasi yang aman dan mudah untuk pemula yaitu reksadana dan emas. Ikut investasi dapat mempercepat pertumbuhan tabungan.

Buat Rekening Khusus

Buatlah rekening khusus untuk menyimpan modal pembelian hunian. Anda berdua harus berkomitmen menyisihkan gaji setiap bulan ke rekening bersama ini. Apapun kebutuhannya, jangan gunakan uang dalam rekening tersebut untuk hal lain. Tetapkan anggaran pembelian hunian dan total DP yang dibutuhkan.

Pertimbangkan Kredit

Tips memiliki hunian setelah menikah adalah mempertimbangkan kredit. Untuk menambah modal pembayaran DP, bisa mempertimbangkan pinjaman kredit di bank. Pinjaman ini dapat mempercepat terkumpulnya DP hunian yang Anda idamkan.

Namun, jangan sampai  karena pinjaman yang terlalu besar atau tidak sesuai kemampuan menyicil dapat membebani finansial Anda dan semua pengeluaran tersedot untuk membayar cicilan hutang dan tak ada sisa untuk menyicil hunian.

Cari Hunian Sesuai Kemampuan

Anda harus memasang target menabung, misalnya satu atau dua tahun. Pasalnya, harga hunian rata-rata naik secara konsisten. Jika rencana menabung terlalu lama, dikhawatirkan harga sudah naik cukup drastis sehingga tidak tercukupi oleh tabungan.

Karena itu, untuk hunian pertama, tak ada salahnya jika mencari di kawasan kota satelit (kawasan penyangga) area ekonomi utama. Harga hunian di kawasan ini relatif lebih terjangkau.

Di Jakarta misalnya, salah satu kawasan penyangganya adalah Bogor. Kawasan ini cukup ideal untuk mencari hunian pertama dengan harga terjangkau.

Apartemen Olympic Residence contohnya, salah satu hunian berupa apartemen yang berada di daerah Sentul, Bogor ini letaknya tak jauh dari Jakarta. Aksesnya pun cukup mudah karena hanya selangkah menuju Tol Jagorawi dan moda transportasi cukup memadai, salah satunya LRT (Light Rail Transit) yang sedang dalam pembangunan.

Nah, itulah beberapa tips memiliki hunian setelah menikah. Anda dan pasangan dapat mencobanya agar segera memiliki hunian idaman. Happy trying sobat olympic!

whatsapp phone sms telegram