facebook pixel

Detail Article

7 Kesalahan dalam Menata Apartemen Studio yang Harus Anda Tau

Tinggal di apartemen kini menjadi tren tersendiri bagi masyarakat, khususnya generasi milenial yang sekarang sudah memasuki usia produktif dan sedang dalam masa pencarian hunian. Salah satu tipe yang sangat diminati adalah apartemen studio.

Meskipun ukurannya merupakan paling kecil dibanding tipe lain, apartemen studio lebih diminati karena harganya yang lebih terjangkau. Untuk generasi milenial sendiri, tipe ini dipilih karena dianggap lebih praktis dan sesuai dengan gaya hidup mereka yang praktis.

(Baca juga: Desain Interior: 10 Cara Cerdas Desain Apartemen Studio Agar Tak Terlihat Sempit)

Karena ukurannya yang cukup sempit ini, Anda pun harus memikirkan teknik penataan barang dengan tepat. Karena jika salah, bukan tak mungkin ruang apartemen studiomu akan terasa semakin sempit.

Terjadinya kondisi tersebut tentu bukan tanpa alasan. Tahukah Anda bahwa ternyata banyak hal atau mungkin kebiasaan yang tanpa disadari menjadi penyebab ruang apartemen yang sempit.

Nah, agar Anda tidak mengalami kejadian yang sama, Olympic Residence Sentul telah merangkum beberapa kesalahan dalam menata apartemen studio. Simak selengkapnya ya!

#1 Menggunakan Furnitur yang Terlalu Besar dan Kecil

Tinggal di apartemen studio mengharuskan kita untuk lebih kreatif dalam memilih furnitur. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan orang adalah mengaplikasikan furnitur yang ukurannya terlalu besar dan terlalu kecil.  Hal ini akan membuat berkurangnya keseimbangan dalam ruangan.

Untuk mengatasinya, gunakanlah furnitur yang ukurannya sama, atau setidaknya tidak memiliki perbedaan ukuran terlalu jauh. Cara ini akan membuat tampilan visual apartemen studio jadi lebih seimbang.

(Baca juga: Pilih Furniture Apartemen Minimalis untuk Menghemat Ruangan Anda)

#2 Aksesoris yang Berlebihan

Anda seorang arts enthusiast atau penyuka seni? Kalau ya, Anda bisa meletakkan beberapa aksesoris dinding seperti lukisan ataupun bingkai foto di dalam apartemen studio. Tapi ingat, hunian Anda memiliki luas yang terbatas, sehingga memasang aksesoris secara berlebihan akan membuatnya tampak lebih sempit.

(Baca juga: Kreasi Hiasan Dinding Anti Mainstream. Harus Dicoba Nih!)

#3 Tirai yang Terlalu Rendah

Memasang tirai atau gorden yang panjangnya hingga menyentuh lantai ternyata dapat membuat apartemen studio tampak lebih kecil lho. Karena itulah, pasang gorden sedikit lebih tinggi untuk membuat ruangan terasa lebih luas.

#4 Menganggapnya Sebagai Satu Ruangan

Tanpa sekat tak mengartikan apartemen studio hanya memiliki satu ruangan. Dengan penataan yang benar dan pemilihan furnitur yang tepat, Anda bisa memiliki dua atau tiga ruangan bertemakan open space di dalam hunian yang sejatinya hanya memiliki satu ruangan multifungsi.

#5 Ragu Mengaplikasikan Pola

Banyak orang merasa penggunaan pola pada apartemen studio hanya membuatnya terasa semakin sempit. Hal ini memang benar, dengan catatan pola yang diaplikasikan terlalu ramai atau penggunaanya yang terlalu berlebihan.

Untuk tetap mendapat kesan luas pada ruangan, pola yang diaplikasikan haruslah pola yang sederhana. Pengaplikasiannya pun tidak boleh berlebihan, misalnya hanya di salah satu sisi dinding atau furnitur. Jadi, jangan takut bermain pola ya, sobat Olympic!

(Baca juga: Yuk Percantik Desain Apartemen dengan Teknik Warna Ombre!)

#6 Membawa Barang Elektronik Berlebih

Tidak ada yang salah dengan membawa perangkat elektronik. Yang salah adalah jika Anda membawanya secara berlebihan. Membawa TV atau DVD tak akan menjadi masalah karena ukurannya yang masih sesuai dengan luas apartemen. Tapi, apa jadinya jika Anda membawa kulkas ukuran besar atau mesin cuci? Hal ini tentu akan membuat ruangan jadi makin sempit.

#7 Menyimpan Pakaian Bekas

Tanpa disadari, pakaian bekas yang ada di lemari ternyata juga berefek pada ruang apartemen studio yang semakin sempit lho. Jika Anda terus menyimpan pakaian lama, sementara Anda adalah seorang pengikut tren yang terus membeli pakaian baru, bukan tidak mungkin pakaian-pakaian lama tersebut akan memenuhi ruangan.

Itulah beberapa kesalahan dalam menata apartemen studio yang harus Anda tau. Tinggal di apartemen studio bukan berarti Anda tak bisa bebas membawa semua hal yang diinginkan. Hanya saja keinginan-keinginan tersebut harus dibatasi demi kenyamanan hunian.

Related Posts:

Desain Interior: 10 Cara Cerdas Desain Apartemen Studio Agar Tak Terlihat Sempit

Desain Interior: 10 Cara Cerda...

Hunian vertikal semakin hari semakin menjamur di pusat bahkan pinggiran kota. Dibanderol dengan harga bervariatif, Anda bisa leluasa memilih unit sesuai dengan kebutuhan. Diantara beberapa tipe yang ditawarkan, apartemen studi...

Buat Apartemen Mungilmu Tampak Lebih Luas dengan 4 Warna Ini

Buat Apartemen Mungilmu Tampak...

Tinggal di hunian mungil layaknya apartemen studio memang memiliki tantangan tersendiri. Karena hanya terdiri dari satu ruangan multifungsi yang memiliki luas tak lebih dari 40 meter persegi, Anda tentu harus memutar otak agar rua...

Tinggal Berempat di Apartemen Studio, Mungkinkah?

Tinggal Berempat di Apartemen ...

Apartemen studio merupakan salah satu jenis apartemen yang paling laku di pasaran. Hunian yang khas dengan ruang kecil dan kompak ini biasanya hanya memiliki luas tak lebih dari 40 meter persegi. Hal ini pun menyebabkan aparte...

whatsapp phone sms telegram