facebook pixel

Detail Article

Beli Mobil atau Rumah, Mana yang Lebih Dulu?

beli rumah atau mobil

Semua orang tentu mendambakan memiliki rumah ataupun mobil idaman, sayangnya tidak semua orang memiliki cukup dana untuk membeli keduanya sekaligus. Mengingat dana yang dikeluarkan cukup besar dibanding kebutuhan-kebutuhan lain.

Rumah adalah kebutuhan pokok setiap orang untuk dijadikan tempat tinggal sehari-hari. Sedangkan mobil adalah kebutuhan sekunder yang dapat mendukung mobilitas maupun digunakan untuk jalan-jalan bersama keluarga.

Untuk menjawab pertanyaan diatas, tentu ada beberapa hal yang dapat dipertimbangkan, mulai dari faktor kebutuhan, kondisi keuangan dan juga tujuan pembelian, apakah untuk dipakai pribadi, atau untuk investasi.

1. Beli Mobil Dulu

beli mobil

Pertimbangan membeli mobil dulu dimulai dari seberapa besar kebutuhan Anda akan mobil. Apakah mobil akan digunakan untuk keperluan sehari-hari atau digunakan untuk mencari penghasilan tambahan?

Jika mobil digunakan untuk keperluan sehari-hari seperti berangkat ke kantor? Apakah ada alternatif lainnya? Seperti fasilitas mobil jemputan dari kantor ataupun dengan angkutan umum.

Jika mobil sebagian besar digunakan untuk berangkat ke kantor, mungkin Anda bisa menggunakan angkutan umum saja, atau jika di kantor Anda memiliki jabatan tinggi, mungkin tersedia fasilitas mobil bagi Anda.

Bila mobil digunakan untuk mencari penghasilan tambahan, maka hitung dan pelajari mengenai potensi keuntungan yang bisa didapatkan. Apakah bisa menutup biaya cicilan, perawatan mobil dan bahan bakar? Selain itu nilai investasi kendaraan menurun karena barang bergerak. Biasanya terjadi penyusutan harga mulai dari 5-10 persen per tahun.

Bila memang mobil digunakan untuk penghasilan tambahan dan memberi potensi keuntungan menarik maka tidak ada salahnya beli mobil terlebih dahulu.

Cek juga kondisi keuangan dan harga mobil, apakah dana yang dimiliki sudah cukup untuk membayar uang muka dan cicilan mobil. Selain itu persiapkan juga biaya perbaikan mobil, jika sewaktu-waktu ada kerusakan atau mengalami kecelakaan.

 2. Beli Rumah Dulu

beli rumah

Seberapa penting kebutuhan Anda akan rumah baru? Apakah pembelian rumah ditujukan sebagai tempat tinggal utama atau investasi?

Bagi pasangan yang baru saja menikah, Anda bisa tinggal di rumah mertua atau rumah orang tua untuk sementara waktu. Namun bila kebutuhan rumah memang sudah sangat mendesak, maka tidak ada salahnya untuk beli rumah terlebih dahulu.

Cek kondisi keuangan, harga rumah biasanya jauh lebih mahal daripada harga mobil, sehingga membutuhkan dana lebih besar, cicilan yang dibayarkan pun juga cukup besar.

Hitung dengan cermat kemampuan Anda dalam membayar cicilan beli rumah. Pastikan jumlah cicilan yang harus dibayar tidak melebihi 30 persen dari total gaji per bulan, hal ini bertujuan agar tidak mengganggu kebutuhan sehari-hari.

Persiapkan juga biaya awal berupa uang muka (DP), biaya notaris, biaya asuransi, administrasi bank dan biaya lainnya. Jumlah biaya yang dikeluarkan di sini bisa mencapai 40-50% dari harga rumah.

Mana yang Lebih Menguntungkan?

Membeli rumah akan lebih menguntungkan karena sebuah rumah dapat dijadikan sarana investasi jangka panjang. Harga rumah akan selalu naik setiap tahunnya, sedangkan harga mobil akan turun karena terjadi penyusutan. Sebuah rumah dapat diwariskan, sedangkan mobil tidak. Namun dalam proses penjualan rumah dibutuhkan waktu lebih lama daripada menjual mobil.

Membeli mobil atau rumah terlebih dahulu memerlukan pertimbangan lengkap dan kompleks. Kembali lagi kepada kebutuhan dan keputusan masing-masing untuk menentukannya, semoga dari pertanyaan dan berbagai pertimbangan di atas, Anda dapat mengetahui apakah sebaiknya membeli mobil dulu atau membeli rumah dulu.