facebook pixel

Detail Article

Biar Gak Boros, Coba 4 Cara Menghemat Listrik Ini!

cara menghemat listrik di apartemen

Tingkat ketergantungan masyarakat Indonesia terhadap energi hasil bumi yang tidak dapat diperbaharui bisa dikatakan cukup tinggi. Salah satunya adalah listrik. Tingginya tingkat ketergantungan masyarakat ini menyebabkan penggunaan listrik di rumah-rumah semakin tinggi.

Tapi selama ini banyak orang yang masih belum paham tentang bagaimana cara menghemat listrik. Konsumsi listrik tidak diperhatikan secara detail, akibatnya kita seringkali tidak sadar betapa borosnya penggunaan listrik setiap waktunya. Apakah Sobat Olympic juga merasakan hal yang sama?

Jangan khawatir! Lakukan beberapa cara menghemat listrik di apartemen berikut.

Cara Menghemat Listrik di Apartemen

1.  Gunakan Sistem Pulsa

Menggunakan listrik dengan sistem pulsa adalah salah satu cara menghemat listrik. Penggunaan listrik jenis ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang sudah Anda rencanakan sebelumnya. Hal ini tentu akan membantu dalam melakukan controlling terhadap pemakaian listrik Anda sendiri secara pribadi.

Jika pulsa listrik habis, maka secara otomatis aliran listrik di apartemen Anda akan terputus. Jadi untuk menggunakannya kembali Anda perlu mengisi ulang pulsa. Dengan begini, Anda bisa lebih bijak dalam memakai listrik sehari-hari.

2. Cabut Kabel dari Saklar

cabut kabel dari saklar

Sering sekali kita lupa atau membiarkan perangkat elektronik tetap menyala atau kabel menancap di saklar pada saat tidak digunakan. Baik itu charger gadget, setrika, TV maupun macam-macam barang elektronik lainnya.

Peralatan elektronik yang tetap menancap pada saklar akan tetap mengalirkan listrik. Selain membuat ruangan terasa panas, hal ini juga akan memakan daya listrik yang cukup besar. Sehingga, listrik akan terbuang sia-sia begitu saja padahal kita tidak sedang menggunakan perangkat tersebut.

3. Gunakan Alat Elektronik yang Hemat Listrik

Saat ini, Anda bisa menemukan perangkat-perangkat elektronik hemat listrik dengan mudah di berbagai toko. Meskipun harganya sedikit lebih, namun cara menghemat listrik yang satu ini cukup berpengaruh terhadap konsumsi listrik yang digunakan oleh perangkat elektronik tersebut.

Misalnya, gunakan lampu LED karena selain hemat konsumsi energi, lampu LED juga lebih awet serta tahan lama. Demikian halnya dengan penggunaan TV LED maupun yang memiliki fitur hemat energi atau Eco yang mampu menghemat penggunaan energi listrik yang digunakannya.

4. Bijak Menggunakan Alat Elektronik

Penggunaan alat elektronik memang merupakan salah satu konsumsi listrik yang paling besar. Seperti yang sudah dibahas di atas, penggunaan alat elektronik yang ramah lingkungan akan membantu Anda mengurangi penggunaan listrik.

Namun, sekedar menggunakan perangkat elektronik yang ramah lingkungan saja tidaklah cukup. Anda harus benar-benar bijak dalam menggunakan peralatan elektronik. Misalnya dengan mematikan alat-alat yang tidak digunakan atau hanya menyalakan AC ketika memang dibutuhkan saja.

Bisa juga dengan tidak menyimpan makanan panas di dalam kulkas. Selain itu, masih banyak cara menghemat listrik di apartemen lain yang bisa Anda terapkan untuk mengurangi konsumsi listrik apartemen Anda.

Itulah beberapa cara menghemat listrik di apartemen apartemen. Harapannya adalah dengan menerapkan cara-cara di atas, konsumsi tagihan listrik dari Sobat Olympic bisa turun secara drastis.

Karena efek dari turunnya konsumsi listrik ini, selain untuk menghemat biaya maintenance apartemen, juga untuk menghemat konsumsi energi di bumi. Sehingga, dengan menghemat listrik, secara tidak langsung Anda juga turut berpartisipasi dalam penjagaan bumi agar tetap menjadi hunian yang aman dan menenangkan.