facebook pixel

Detail Article

DIY: Cara Memasang Wallpaper di Dinding Apartemen

Cara memasang wallpaper di apartemen

Sebagian besar pengembang apartemen tidak mengizinkan penghuninya untuk melakukan banyak perubahan pada struktur ruangan. Apalagi jika status Anda hanyalah penyewa, tentu memiliki banyak aturan yang harus ditaati. Oleh karena itu, banyak orang yang menyiasatinya dengan menempelkan wallpaper pada dinding apartemen.

Wallpaper adalah salah satu cara untuk menyegarkan kembali suasana ruangan di apartemen Anda. Motifnya yang beragam dapat dengan mudah disesuaikan dengan konsep ruangan yang diinginkan. Selain simple, alasan orang lebih memilih menggunakan wallpaper adalah memiliki daya tahan tinggi (hingga 8 - 10 tahun) dibanding cat dinding biasa.

Meskipun Anda dapat menggunakan jasa tukang profesional, nyatanya DIY lebih menyenangkan dan memberi kebebasan untuk bereksperimen.

Lalu bagaimana cara memasang wallpaper sendiri?

Berikut adalah cara memasang wallpaper di apartemen yang sudah Olympic Residence rangkum untuk Anda.

1. Ukur Dinding Ruangan

Mengukur ruangan adalah langkah yang paling penting sebelum memulai pemasangan. Pastikan pengukuran Anda akurat sehingga dapat memotong kertas dengan pas. Agar lebih mudah, gunakan penggaris dan pensil untuk menggambar garis dipermukaan dinding.

2. Tentukan Motif yang Pas

Wallpaper banyak dijual dengan berbagai motif. Anda bisa dengan mudah menemukannya di toko terdekat. Tentunya ini akan memudahkan dalam memilih motif sesuai selera. Tapi perlu diketahui, motif wallpaper juga akan berpengaruh terhadap suasana ruangan. Misalnya, jika Anda tinggal di apartemen tipe studio, pilihlah motif yang lebih simple. Karena jika dengan motif besar atau ramai akan membuat ruangan Anda terlihat semakin penuh dan sempit.

3. Pastikan Memiliki Wallpaper yang Cukup

Setelah memilih motif yang pas, pesan semua wallpaper yang Anda perlukan pada saat yang sama, dan periksa ulang wallpaper ketika tiba untuk memastikan semuanya cocok.

4. Cari Informasi Pemasangan

Karena ini DIY (do it yourself) atau tidak menggunakan jasa tukang, maka inilah saatnya Anda mencari informasi pemasangan wallpaper selengkap mungkin! Hal ini agar proses pemasangan dapat berjalan dengan baik. Anda bisa mencari info dari pelayan toko wallpaper, atau melalui internet.

5. Siapkan Peralatan

Beberapa alat yang akan digunakan yaitu alas plastik, tangga, cutter, pensil, penggaris dan meteran, benang dengan pemberat, lem wallpaper dinding, 2 bak untuk adukan lem, spons, kuas lem, roller dan amplas.

6. Saatnya Pasang Wallpaper!

Setelah semua peralatan sudah siap, kini saatnya pemasangan! Pastikan Anda mengerjakannya dengan baik. Gunakan kain pelapis untuk melindungi furnitur apartemen dan lantai.

7. Cek Kembali

Setelah terpasang, cek sekali lagi untuk memastikan kerapiannya, terutama pada bagian sambungan -jika ada- dan sudut ruangan.

Cara memasang wallpaper di apartemen sangat mudah ‘kan? Ternyata, desain interior apartemen dapat menunjukkan kepribadian pemiliknya juga lho. Yuk tunjukan kreatifitas Anda!

Related Posts:

4 Rekomendasi Tempat Wisata Di Sentul yang Instagramable

4 Rekomendasi Tempat Wisata Di...

Bagi sebagian orang, pergi ke mall di akhir pekan mungkin sudah membosankan. Padahal Anda bisa mencari alternatif wisata lain yang tak kalah asik dan mudah di jangkau. Bicara tentang tempat wisata, beruntunglah Anda yang tingga...

7 Alasan Apartemen di Bogor jadi Prospek Investasi Menjanjikan

7 Alasan Apartemen di Bogor ja...

Apartemen adalah salah satu hunian yang kini banyak diincar para pemburu properti. Pasalnya, selain memiliki banyak pilihan tipe unit dengan harga yang bervariasi, biasanya apartemen berada di lokasi strategis dan dekat pusat ...

6 Alasan Memilih OLYMPIC RESIDENCE Untuk Investasi Apartemen di Bogor

6 Alasan Memilih OLYMPIC RESID...

Dunia properti memang seakan tidak ada matinya. Hampir setiap tahun selalu ada developer yang mengembangkan properti, baik itu berupa perumahan, apartemen, kondominium, ruko, dan lainnya. Bahkan pembangunan properti ini sudah ...

Misteri Hilangnya Angka 4 dan 13 di Lift, Ternyata Ini Jawabannya!

Misteri Hilangnya Angka 4 dan ...

Jika Anda tinggal di apartemen, menginap di hotel, atau bekerja di gedung pencakar langit, Anda pasti sering menggunakan lift untuk berpindah lantai. Saat menggunakan lift, coba perhatikan, ternyata terdapat beberapa nomor lantai ...

whatsapp phone sms telegram