facebook pixel

Detail Article

Ingin Punya Apartemen Tanpa KPA? Bisa! Coba Ikuti 5 Tips Ini

punya apartemen tanpa ajukan kredit pemilikan apartemen

Sudah bukan rahasia umum kalau memiliki apartemen itu masih merupakan sebuah kemewahan. Itulah kenapa apartemen masih terbatas untuk kalangan tertentu saja. Karena harganya yang lumayan selangit, jarang orang membeli apartemen atau sewa apartemen dengan tunai keras, melainkan menggunakan KPA (Kredit Pemilikan Apartemen).

Di jaman yang serba kredit ini, bukan tidak mungkin membeli apartemen dengan sistem kredit. Namun, bukan hal yang mustahil juga jika Anda bisa mendapatkan apartemen tanpa KPA.

Ikuti 5 tips ini untuk mendapatkan apartemen tanpa KPA.

1. Sewa Apartemen dari Pemilik Perorangan

Tips pertama, cobalah membeli apartemen dari perorangan. Kebanyakan kompleks apartemen dan manajemen perusahaan memerlukan pemeriksaan kredit seperti Kredit Pemilikan Apartemen (KPA).

Namun, beberapa pemilik perorangan akan membiarkan Anda menyewa tanpa KPA. Biasanya, pemilik apartemen masih akan meminta Anda untuk membuktikan stabilitas pendapatan perbulannya.

2. Buktikan Pendapatan atau Saldo Tabungan

Seperti pada point pertama, jika tidak memiliki riwayat kredit, Anda mungkin akan disetujui jika penghasilannya stabil dan akan cukup menutupi uang sewa apartemen. Sebaiknya, cicilan tidak lebih dari sepertiga gaji Anda.

Lalu bagaimana jika pendapatan tidak stabil? Dengan menggunakan saldo tabungan yang tinggi mungkin akan mencukupi. Jumlah tabungan yang dibutuhkan bervariasi, tergantung pada tipe apartemen dan pemilik itu sendiri. Namun idealnya harus mencukupi dalam beberapa bulan pembayaran sewa.

3. Bayar Sewa Beberapa Bulan Dimuka

Pemilik apartemen akan cenderung menyewakannya jika mereka memiliki uang sewa di tangan selama beberapa bulan sebagai jaminan. Dengan membayar 2 hingga 3 bulan dimuka, pemilik apartemen tidak akan menanggung risiko jika Anda tidak membayar (setidaknya untuk jangka waktu tertentu). Jangan lupa untuk mendokumentasikan transaksi pembayaran ini dengan baik, sehingga Anda bisa mendapatkannya kembali pada akhir masa sewa.

4. Berikan Surat Referensi

Anda bisa lebih meyakinkan pemilik dengan menunjukkan surat referensi. Misalnya dari atasan, dosen atau guru sekolah. Asumsinya adalah mereka yang bertanggung jawab di tempat kerja atau sekolah cenderung bertanggung jawab atas uang mereka. Tips yang satu ini adalah cara baik untuk menunjukkan bahwa Anda adalah orang pekerja keras dan bertanggung jawab yang tidak akan terlambat membayar uang sewa.

5. Jika Semua Gagal, Cobalah Dapatkan Co-Sign

Sama seperti pada pengajuan Kredit Pemilikan Apartemen, tanpa KPA pun tetap harus memiliki persyaratan sehingga pemilik apartemen dapat menyewakannya kepada Anda. Jika beberapa hal di atas gagal dan tidak ada pilihan lain, mintalah seorang teman dekat atau keluarga dengan kredit bagus untuk penandatanganan bersama.

Namun Anda juga harus memahami, jika teman atau keluarga setuju, dialah yang akan bertanggung jawab atas pembayaran sewa jika Anda gagal membayar sewa apartemen dalam waktu yang tepat. Untuk menjaga hubungan pribadi tetap utuh, selalu lakukan pembayaran secara penuh dan tepat waktu.

Itulah beberapa tips untuk sewa apartemen tanpal kredit. Jika Anda memiliki beberapa waktu sebelum menyewa apartemen pertama, ikuti tips ini untuk membangun kredit Anda dari awal. Jika tidak, gunakan satu atau beberapa tips di atas. Selamat mencoba!

Related Posts:

Temukan Hunian Idaman Dengan 7 Tips Sewa Apartemen Ini!

Temukan Hunian Idaman Dengan 7...

Sekarang ini banyak orang lebih memilih menyewa daripada membeli hunian sejak gelembung properti meledak. Sementara itu, harga sewa juga terus meningkat! Bagi masyarakat dengan pendapatan 3 jutaan, menyewa adalah satu-satunya ...

whatsapp phone sms telegram