facebook pixel

Detail Article

Mau Liburan? Begini Tips Meninggalkan Rumah Agar Tetap Aman

Sobat olympic, tidak terasa sebentar lagi libur panjang! Apakah Anda sudah mengatur jadwal liburan bersama keluarga tercinta? Ya, liburan memang waktu yang ditunggu-tunggu bagi setiap orang. Biasanya, saat liburan selalu dimanfaatkan untuk perjalanan yang jaraknya lumayan jauh sehingga membutuhkan waktu cukup lama.

Sebelum melakukan perjalanan, pastinya harus ada persiapan yang matang. Tentunya Anda ingin liburan dengan nyaman, bukan? Namun, kebanyakan orang merasa khawatir untuk meninggalkan hunian, karena inilah saat yang rawan akan banyaknya upaya perampokan yang terjadi.

Lalu, bagaimana cara mencegahnya? Olympic Residence Sentul merangkum tipsnya untuk Anda.

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Liburan

Melapor Pada Pihak Terkait

Jika Anda pemilik rumah tapak, biasanya diwajibkan untuk memberi informasi pada pihak terkait seperti Ketua RT/RW atau kepala keamanan jika memang ingin meninggalkan rumah dalam waktu lama. Dan jika memiliki apartemen, Anda juga bisa melaporkannya pada pihak management saat hunian Anda kosong.

Meski keamanannya sudah terjamin, tapi tak ada salahnya untuk mengantisipasi kejadian yang tak diinginkan. Dengan begitu, maka pihak keamanan dapat dengan rutin mengawasi hunian yang sedang ditinggal oleh pemiliknya.

Minta Bantuan Tetangga untuk Memeriksa Hunian Secara Berkala

Menitipkan hunian ke tetangga terdekat juga bisa menjadi alternatif. Biasanya mereka juga akan membantu mengurus tanaman, menyapu halaman agar tetap terlihat bersih, sehingga orang lain tidak akan curiga jika pemilik rumah sebenarnya sedang berlibur.

Selamatkan Dokumen Berharga

Mungkin menyimpan dokumen penting dan barang berharga Anda di dalam SDB (Safe Deposit Box) merupakan salah satu cara paling aman untuk menyelamatkannya. Sekarang ini banyak bank yang menawarkan pelayanan SDB dengan biaya sewa yang terjangkau. Anda juga bisa memakai fasilitas ini selama dalam perjalanan liburan.

Pastikan Peralatan Listrik dan Gas Dalam Keadaan Off

Salah satu penyebab terjadinya kebakaran adalah korsleting listrik alias arus pendek. Agar hunian Anda tetap aman, pastikan untuk mengecek kembali peralatan listrik rumah tangga, seperti televisi, komputer hingga gas. Peralatan tersebut harus dalam keadaan mati atau tidak tersambung dengan listrik selama Anda berlibur.

Titip Si Manis di Pet Shop

hewan peliharaan di petshop

Jika Anda memiliki hewan peliharaan jangan lupa untuk menitipkannya di pet shop. Pilihlah pet shop terpercaya agar hewan kesayangan Anda tetap sehat dan terawat. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi untuk meninggalkan hewan peliharaan di rumah.

Tidak Update di Sosial Media

Bagi Anda yang tidak bisa lepas dari kehidupan media sosial seperti facebook, twitter, atau sejenisnya hendaknya menghentikan kegiatan ini untuk sementara waktu. Pasalnya, terlalu ekspos kegiatan berlibur di media sosial dapat dilihat siapa saja. Hal ini untuk menghindari orang-orang yang berniat buruk.

Itulah beberapa hal yang perlu anda lakukan sebelum meninggalkan rumah untuk berlibur. Ayo buat liburan makin menyenangkan. Rumah aman, liburan pun nyaman!

whatsapp phone sms telegram