facebook pixel

Detail Article

Sulit Tidur Karena Bising? Coba 7 Cara Mengurangi Kebisingan Ini

cara mengurangi kebisingan di ruangan

Mendapatkan tidur yang berkualitas tidak selalu mudah, apalagi jika istirahat Anda terus menerus terganggu oleh kebisingan. Bayangkan ketika Anda bangun tidur di pagi hari dengan suara bising dari tetangga atau klakson kendaraan yang hendak melintas. Pastinya sangat mengganggu kenyamanan, bukan?

Tapi sayangnya, banyak orang yang enggan memasang alat peredam suara. Bentuknya yang menyerupai bantalan busa bisa merusak estetika di ruangan Anda. Karena pindah dari rumah atau apartemen bukanlah pilihan yang tepat bagi banyak orang, Anda bisa mencari cara mengurangi kebisingan sebagai alternatifnya.

Olympic Residence Sentul telah menyusun beberapa tips mengurangi kebisingan di apartemen sehingga Anda dapat beristirahat dengan mudah dan menjadikan ruangan tampak stylish.

Cara Mengurangi Kebisingan di Ruangan:

Pindahkan Furnitur

Percaya atau tidak, penempatan furnitur dapat mempengaruhi berapa banyak suara yang bisa Anda dengar dari apartemen di sebelah. Misalnya, menempatkan rak buku tebal di dinding bisa membantu meredam kebisingan. Atau, jika Anda sadar bahwa ruang tamu tetangga tepat di sebelah kamar tidur, maka letakkan tempat tidur lebih jauh dari dinding.

Tambahkan Karpet

Cara mengurangi kebisingan selanjutnya adalah dengan menggunakan karpet. Memasang karpet lantai dapat mengurangi suara dari kaki yang melangkah di sekitar ruangan. Jika Anda tinggal di apartemen, maka pilihan terbaik cobalah meletakkan permadani besar dan tebal. Ini adalah salah satu cara mengurangi kebisingan yang datang dari bawah. Namun jika enggan memasang karpet di setiap sudut ruangan, cukup letakkan di beberapa titik saja.

Mengganti Pintu

Ketika akan mengurangi bising suara, pintu dengan motif lekukan mesti disingkirkan dari rumah Anda. Pintu geser kayu bahkan lebih buruk karena tidak menempel dengan ketat pada dinding sekitarnya. Menurut Asosiasi Nasional Pintu dan Jendela Kayu, pintu dengan desain solid lebih tenang dibandingkan pintu dengan hiasan berukir.

Aplikasikan Cat Peredam Suara

Ya, ternyata ada cat yang berfungsi mengurangi kebisingan dari luar ruangan. Cat ini diformulasikan khusus untuk melapisi dinding dan mengurangi kebisingan sampai 30 persen. Meski masih terdengar langka, namun ada perusahaan cat multinasional mulai memproduksi cat ini untuk mengurangi suara yang tidak diinginkan.

Manfaatkan Rak Buku

Beruntung bagi Anda para kolektor dan kutu buku. Karena ternyata kehadiran buku yang bertumpuk di rak bermanfaat untuk meredam suara bising di dalam apartemen. Namun pastikan bahwa penyimpanan buku di rak Anda tidak renggang, dan cukup padat untuk meredam suara.

Gunakan Gorden Tebal

Jika Anda melapisi jendela dengan gorden tebal (seperti brokat bermotif, beludru ataupun wol), selain berfungsi mencegah cahaya matahari masuk ke dalam ruangan, ternyata ini juga efektif sebagai cara mengurangi kebisingan. Untuk memastikan bahwa gorden Anda berfungsi maksimal dalam mengurangi suara, pasang gorden mengelilingi dinding ruangan dan juga jendela Anda. Ini adalah perbaikan yang sangat sederhana dan cepat!

Anda Bisa Mencoba Insulasi

Cara mengurangi kebisingan  yang paling efektif adalah dengan insulasi. Insulator tak hanya berfungsi sebagai peredam suara, tetapi juga mengurangi panas matahari merambat ke dalam ruangan apartemen.

Bagaimana, mudah kan membuat ruangan kedap suara? Beberapa tips di atas akan membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas serta kenyamanan dalam hunian. Selamat mencoba sobat olympic!

whatsapp phone sms telegram