facebook pixel

Detail Article

Temukan Hunian Idaman Dengan 7 Tips Sewa Apartemen Ini!

7 tips sewa apartemen olympic residence

Sekarang ini banyak orang lebih memilih menyewa daripada membeli hunian sejak gelembung properti meledak. Sementara itu, harga sewa juga terus meningkat! Bagi masyarakat dengan pendapatan 3 jutaan, menyewa adalah satu-satunya pilihan karena adanya penghalang untuk menabung uang muka dan harga hunian terlalu tinggi.

Sebagian besar orang lebih memilih apartemen dibanding rumah tapak. Karena biasanya apartemen terletak di dekat pusat kota, fasilitasnya lengkap dan harganya lebih terjangkau.

Jadi, apakah Anda berencana sewa apartemen, tapi tidak tahu harus mulai dari mana? 7 tips sewa apartemen ini akan membantu Anda menemukan apartemen idaman dan menjadikannya sebagai petualangan yang menyenangkan!

1. Sesuaikan dengan Budget

Kendala anggaran sering menjadi faktor penentu untuk mendapatkan apartemen yang diinginkan dan dibutuhkan. Dari sekian banyaknya penawaran apartemen, Anda harus menentukan mana yang sesuai dengan budget. Kemampuan budget di sini bukan semata-mata sanggup membayar sewa bulanan saja tapi juga biaya maintenance apartemen.

Jika apartemen Anda tidak sesuai dengan budget, ini akan menyulitkan diri yang bisa-bisa terusir dari apartemen yang ditinggali karena tak sanggup membayar. Jadi, sebelum memutuskan pindah ke unit apartemen sewaan, buatlah perencanaan anggaran terlebih dahulu.

2. Pilih Lokasi yang Tepat

Memang tak salah memilih lokasi yang Anda suka, seperti dekat pusat kota, menawarkan pemandangan indah dan fasilitasnya lengkap. Tapi perhatikan juga mobilitas keseharian. Pilihlah apartemen yang dekat dengan aktivitas keseharian. Misalnya dekat dengan kantor, sekolah, rumah sakit, transportasi umum, dan lainnya.

3. Cek Unit dengan Seksama

Tak jarang orang kecewa setelah mendapati apartemennya tidak sesuai harapan. Maka dari itu, sebaiknya Anda langsung mengecek unit yang akan disewa dan lihat kondisi terkini dari apartemen tersebut.

Misalnya cek saluran air dan toilet apakah bisa digunakan dengan baik, kondisi dinding, listrik, lampu, pendingin ruangan, dan lainnya. Selain interior, Anda juga bisa melakukan pengecekan di area apartemen seperti lorong-lorong. Lihat apakah pengelola menyediakan alat pemadam, tangga darurat, maupun fasilitas pendukung lainnya. Bila perlu semua yang diperiksa didokumentasikan agar menjadi bahan pertimbangan dalam membandingkan satu unit apartemen dengan yang lain.

4. Furnished / Unfurnished?

Setelah unit apartemen dirasa sesuai dengan kebutuhan, tips sewa apartemen selanjutnya adalah pertimbangkan furnitur. Memilih apartemen dengan furnitur bisa jadi pilihan ideal meski Anda sudah memiliki furnitur sendiri. Jika pemilik menawarkan apartemen dengan furnitur, Anda bisa memanfaatkan itu! Anda bahkan mungkin bisa menutupi uang sewa dengan menjual furnitur yang sudah dimiliki.

5. Tanya Sekitar

Gagasan besar di sini adalah bahwa Anda tidak pernah tahu apa yang tersedia atau apa yang mungkin akan segera tersedia, sampai Anda bertanya. Jadi, jangan malu untuk bertanya pada orang-orang sekitar apartemen ya.

6. Komunikasikan dengan Pemilik Unit

Tips sewa apartemen berikutnya ialah komunikasikan apapun mengenai apartemen dengan pemilik unit. Jika sudah yakin dengan unit apartemen yang akan disewa, sebaiknya Anda juga mengkomunikasikan kembali beberapa hal yang sudah Anda setujui bersama dengan pemilik unit. Selain itu, komunikasikan juga dengan pihak pengelola apartemen sehingga tidak ada peraturan dan ketentuan umum yang terlewatkan.

7. Buat Perjanjian Sewa

Langkah terakhir dalam tips sewa apartemen adalah membuat perjanjian sewa apartemen. Jangan anggap remeh surat perjanjian sewa. Pasalnya, surat perjanjian itu mencantumkan hal-hal yang menjadi tanggung jawab dan kewajiban masing-masing pihak.

Perjanjian tersebut berisi rincian seperti:

  • jumlah uang sewa,
  • masa jangka waktu sewa,
  • biaya-biaya,
  • siapa yang bertanggung jawab terhadap kerusakan,
  • fasilitas apa saja yang menjadi hak penghuni, dan lain sebagainya.

Surat perjanjian sewa apartemen ini dibuat 2 salinan di mana masing-masing pihak memegangnya. Tak ketinggalan, surat ini juga memakai materai. Dengan adanya surat tersebut maka secara langsung menjadi bukti legal Anda adalah penghuni unit apartemen.

Nah, itulah 7 tips sewa apartemen idaman, sangat mudah dilakukan, bukan? Selain itu jika tertarik dengan apartemen yang belum rampung pembangunannya, himpunlah informasi sebanyak-banyaknya seputar pengembangnya, dokumen perizinan, dan lain sebagainya. Dengan mengikuti 7 tips sewa apartemen tersebut, pastinya Anda akan mendapat sewa apartemen yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai salah pilih apartemen ya!

Related Posts:

Ingin Punya Apartemen Tanpa KPA? Bisa! Coba Ikuti 5 Tips Ini

Ingin Punya Apartemen Tanpa KP...

Sudah bukan rahasia umum kalau memiliki apartemen itu masih merupakan sebuah kemewahan. Itulah kenapa apartemen masih terbatas untuk kalangan tertentu saja. Karena harganya yang lumayan selangit, jarang orang membeli apartemen...

whatsapp phone sms telegram