facebook pixel

Detail Article

Tips: Optimalkan THR untuk Membeli Apartemen

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh suka cita. Setiap orang berlomba-lomba menuai pahala di bulan Suci ini. Bicara tentang Ramadhan, hal yang paling lekat dengan momen ini adalah Hari Raya Idul Fitri atau lebaran. Selain bisa berkumpul bersama keluarga besar, hal yang paling ditunggu-tunggu dari hari raya adalah bonus tambahan alias THR (Tunjangan Hari Raya).

Banyak orang yang THR-nya hanya sekedar lewat saja. Maksudnya, uang THR hanya digunakan untuk membeli hal-hal bersifat sementara, seperti membeli smartphone terbaru yang sebenarnya tak terlalu dibutuhkan. Tahukah Anda bahwa sebenarnya uang THR bisa digunakan untuk sesuatu yang lebih berguna?

THR yang Anda dapat dari tempat kerja bisa dimanfaatkan untuk membeli apartemen lho, sobat olympic! Anda hanya perlu pintar-pintar dalam mengelolanya agar uang tunjangan tersebut bisa mencukupi pembayaran DP apartemen.

Tips Mengelola THR untuk DP Apartemen

Hitung Pengeluaran Tahunan

Sebelum menyisihkan uang THR untuk DP apartemen, Anda harus menghitung pengeluaran riil tahunan terlebih dahulu. Pengeluaran tahunan ini dapat mencakup zakat, THR untuk asisten rumah tangga (ART), bingkisan untuk orang tua atau mertua, pembayaran Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dana liburan, dan lainnya.

Sisihkan THR

Setelah semua pengeluaran tahunan terpenuhi, barulah Anda bisa menyisihkan uang untuk DP apartemen impian. Sebenarnya, menggunakan seluruh uang THR untuk membayar DP bukanlah hal yang salah. Hanya saja konsekuensinya Anda harus membayar pengeluaran tahunan menggunakan uang bulanan.

Harus Ada yang Dikorbankan

Karena jumlah uang DP apartemen tidaklah sedikit, tentunya akan ada hal yang harus dikorbankan. Mungkin perayaan lebaran tahun ini tidak akan semeriah tahun lalu karena distribusi dana akan lebih cenderung untuk membayar uang muka. Minimalkan pengeluaran sebisa mungkin demi mewujudkan impian membeli apartemen idaman ya, sobat olympic.

Pastikan Cicilan Tidak Memberatkan

Jangan lupa untuk mengecek besar cicilan yang harus Anda bayar nantinya. Pastikan bahwa besarnya tidak akan melebihi 30% dari gaji Anda nanti. Intinya, jangan sampai Anda kesulitan memenuhi kebutuhan pokok setelah membeli apartemen.

Jangan Memaksakan Diri

Jika jumlah THR dan pendapatan belum memenuhi persyaratan DP apartemen impian, Anda tidak perlu memaksakan diri. Misalnya, DP apartemen yang diinginkan adalah 50 juta sementara THR + pendapatan Anda hanya 30 juta. Memilih apartemen yang on budget akan lebih baik dibanding memaksakan untuk membeli yang over budget.

(Baca: Gak Cuma Nabung Buat Liburan, Kini Saatnya Nabung DP Hunian!)

Itulah beberapa tips mengelola THR untuk DP apartemen. Salah satu apartemen yang bisa  Anda jadikan pilihan adalah Olympic Residence Sentul. Apartemen di Bogor ini hanya dibanderol dengan harga Rp 300 jutaan, yang artinya DP yang harus dibayarkan hanyalah sebesar Rp 30 jutaan.

Selain harganya begitu terjangkau, apartemen besutan HK Realtindo ini juga memiliki banyak keuntungan, baik sebagai hunian maupun investasi. Berada di kawasan CBD Sentul, dekat dengan LRT serta suasana yang masih asri menjadi beberapa kelebihan dari Olympic Residence Sentul.

Tertarik? Yuk, kunjungi marketing gallery kami di Jl. Olympic Raya Kav C No 4B Sentul, Bogor. Yuk, wujudkan impian miliki apartemen idaman di Hari Raya!

Related Posts:

4 Rekomendasi Tempat Wisata Di Sentul yang Instagramable

4 Rekomendasi Tempat Wisata Di...

Bagi sebagian orang, pergi ke mall di akhir pekan mungkin sudah membosankan. Padahal Anda bisa mencari alternatif wisata lain yang tak kalah asik dan mudah di jangkau. Bicara tentang tempat wisata, beruntunglah Anda yang tingga...

Misteri Hilangnya Angka 4 dan 13 di Lift, Ternyata Ini Jawabannya!

Misteri Hilangnya Angka 4 dan ...

Jika Anda tinggal di apartemen, menginap di hotel, atau bekerja di gedung pencakar langit, Anda pasti sering menggunakan lift untuk berpindah lantai. Saat menggunakan lift, coba perhatikan, ternyata terdapat beberapa nomor lantai ...

Syarat Membeli Apartemen Untuk WNA

Syarat Membeli Apartemen Untuk...

Pembangunan properti di Indonesia semakin berkembang pesat, terutama hunian berupa apartemen. Para investor tentu tak menutup mata melihat kesempatan emas ini. Mereka menilai investasi di sektor properti paling menguntungkan k...

Capital Gain Apartemen di Bogor Tembus 100% Dalam 3 Tahun Ke Depan

Capital Gain Apartemen di Bogo...

Tak dapat di pungkiri bahwa pasokan apartemen di Kota Bogor terus bertambah meski pertumbuhan harga relatif stagnan. Bahkan beberapa apartemen sudah tidak menyasar pusat kota. Hal ini lantaran para developer percaya akan besar...