facebook pixel

Detail Article

Tips & Trik: Memilih Apartemen Ramah Lansia, Perhatikan Hal Ini!

apartemen untuk lansia

Bagi Anda yang berencana mengajak orang tua pindah ke apartemen baru, tentu ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Hal ini mengingat kemampuan fisik dan psikologi orang tua sudah mengalami penurunan sehingga memerlukan perhatian khusus.

Sebelum pindah ke apartemen, pastikan memiliki fasilitas apartemen hingga desain interior apartemen yang aman dan sesuai dengan kebutuhan lansia. Jika Anda benar-benar ingin mengajak orang tua tinggal bersama di apartemen, cobalah lakukan beberapa tips memilih apartemen yang tepat bagi lansia berikut ini.

1. Pilih Apartemen yang Dekat Fasilitas Umum

Apartemen yang terletak dekat dengan fasilitas umum seperti taman, rumah sakit, supermarket, bank, shelter angkutan umum maupun restoran bisa menjadi pilihan ideal bagi Anda.

Fasilitas seperti taman memungkinkan para lansia untuk bisa berinteraksi dengan tetangga apartemen lainnya. Hal ini penting karena interaksi dengan tetangga bisa jadi sistem pendukung tambahan bagi orang tua sehingga tidak merasa kesepian.

2. Menyediakan Fasilitas Rekreasi Pasif

Aktivitas fisik seperti berjalan santai merupakan salah satu rekreasi pasif bagi para lansia. Itu sebabnya ketersediaan jalur pejalan kaki yang luas dan terhubung dengan bangunan menjadi pertimbangan yang penting. Jalur pedestrian yang lebar memungkinkan para orang tua bisa melewatinya dengan nyaman, baik dengan berjalan kaki maupun menggunakan kursi roda.

Di samping itu, adanya fasilitas lain seperti tempat konsultasi kesehatan, spa, perpustakaan maupun tempat meditasi atau yoga juga bisa menjadi bahan pertimbangan saat memilih apartemen untuk lansia.

3. Ukuran Ruangan Tidak Terlalu Luas

Apartemen dengan ukuran yang luas merupakan pilihan ideal bagi keluarga besar. Tapi, hal ini akan cukup merepotkan bagi para lansia. Jarak antar ruangan yang berjauhan membuat orang tua mudah lelah jika harus berjalan bolak-balik dari kamar tidur ke dapur atau ke kamar mandi.

Jika ingin memilih tipe apartemen yang luas, sebaiknya orang tua menempati kamar yang dekat dengan kamar mandi dan berukuran tidak terlalu luas agar bisa menjangkau kebutuhannya dengan mudah.

4. Perhatikan Desain Interior Apartemen

Tak hanya fasilitas apartemen dan ukuran saja yang menjadi pertimbangan ketika memilih apartemen bagi lansia. Desain interior ruangan di dalam apartemen juga perlu mendapat perhatian khusus. Mulai dari pemilihan lantai yang tidak terlalu licin hingga menghindari apartemen yang memiliki perbedaan tinggi lantai agar orang tua tidak terpeleset.

Memilih apartemen yang memiliki balkon atau teras pribadi bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa menambahkan meja dan kursi santai di balkon sebagai tempat orang tua bersantai. Demikian pula dengan area kamar mandi. Pilihlah apartemen yang memiliki desain kamar mandi ramah lansia, seperti mudah diakses menggunakan kursi roda dan memakai produk sanitari yang mudah digunakan oleh orang tua.

Apabila apartemen yang Anda beli tidak memiliki desain kamar mandi ramah lansia, Anda masih bisa merenovasinya di kemudian hari. Sobat olympic bisa menambahkan pegangan railing di kamar mandi, melapisi lantai dengan karpet agar tidak licin serta mengganti warna cat ruangan dengan warna yang lebih menenangkan.

Memilih apartemen yang tepat bagi lansia memang tidak mudah. Anda harus memprioritaskan kenyamanan dan kemudahan akses ke berbagai fasilitas apartemen agar orang tua dan keluarga bisa tinggal dengan nyaman dan menikmati hidup yang berkualitas.

Related Posts:

Sudah Punya Anak Jangan Asal Pilih Apartemen! Pertimbangkan 5 Hal Ini

Sudah Punya Anak Jangan Asal P...

Apartemen merupakan pilihan hunian favorit bagi pasangan muda masa kini. Biasanya apartemen dibangun di pusat kota, tentu hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi para penghuninya. Dengan lengkapnya fasilitas yang ada di sek...

whatsapp phone sms telegram