facebook pixel

Detail Article

Yuk Percantik Desain Apartemen dengan Teknik Warna Ombre!

olympic residence - teknik warna ombre pada dinding

Warna ombre, pastinya Anda sudah tak asing lagi dengan istilah ini, bukan? Teknik penciptaan efek perubahan warna ini biasa disebut dengan warna gradasi. Ya, tren warna ombre belakangan ini sepertinya semakin banyak digemari. Hal ini dapat dilihat dari kian banyaknya remaja yang mencoba bereksperimen dengan menerapkan warna ombre untuk membuat rambutnya terlihat lebih menarik.

Teknik warna ombre ini menciptakan efek perubahan warna dari gelap ke terang atau dari warna yang teduh ke tone warna lain, tetapi tetap hanya menggunakan satu jenis warna saja.

Namun siapa sangka, dengan cara pandang baru tren warna ombre ternyata juga dapat diterapkan dalam desain interior apartemen. Pemakaian warna ombre tak hanya dapat memberikan perhatian pada ruangan apartemen, tetapi efeknya juga akan membuat ruangan terlihat lebih cantik dan bercahaya.

Ini dapat menjadi alternatif bagi Anda yang akan mendekorasi apartemen. Daripada menggantung terlalu banyak barang untuk menghias dinding, cara ini bisa dicoba agar dinding apartemen Anda terlihat lebih berwarna.

            Baca juga: 10 Tips Cerdas Cara Desain Apartemen Studio

Dikutip dari thespruce.com, simak beberapa inspirasi teknik mengecat berikut yang bisa diaplikasikan dalam desain apartemen Anda.

1. Rencanakan Lebih Dulu

Sama halnya seperti saat mempunyai ide desain hunian yang baru, untuk menerapkan warna ombre juga dibutuhkan perencanaan khusus dan matang. Perhatikan secara saksama, bagian manakah yang ingin diberi sentuhan warna ombre. Selain itu tentukan warna apa yang paling cocok dengan desain apartemen Anda.

2. Pilih Warna Senada

Apa jadinya jika Anda menerapkan teknik ombre menggunakan warna biru kemudian memudar ke warna merah? Tentunya akan terlihat “aneh”, bukan? Ini sama sekali bukan ombre! Seperti dijelaskan di atas, konsep warna ini adalah menerapkan satu jenis warna yang bergradasi atau memudar dari warna gelap ke warna terang saja.

Contohnya, gradasi dari warna biru tua ke warna biru muda dapat memberikan tampilan yang menarik untuk kamar mandi. Atau, gradasi warna coklat tua ke warna coklat muda untuk ruang tidur nyaman.

3. Memudar dari Bawah ke Atas atau Sebaliknya

olympic residence - pengecatan ombre

Jangan sampai saat menerapkan teknik warna ombre di dinding, warna tersebut dibuat memudar di tengah. Hal ini tentu saja kurang tepat. Bila Anda membuat warnanya memudar di tengah, cara ini akan memberikan kesan bahwa ruangan terlihat seperti menyusut atau mengecil. Sebenarnya teknik ombre yang memudar bertahap ini bermaksud untuk menciptakan gradasi warna yang terkesan lembut. Jadi, jangan sampai salah ya!

4. Batasi dengan Kertas Selotip

Untuk mendapatkan hasil maksimal, pastikan sebelum mulai mengecat batasi area pengecatan masing-masing warna dengan kertas selotip. Ini akan memberikan pernyataan yang jelas pada suatu area dengan warna tertentu.

5. Dekorasi Dinding Berbentuk Geometri

olympic residence - dinding geometri

Bentuk geometri di dinding memang sedang menjadi tren sebagai bagian dari dekorasi interior. Anda pun bisa mengaplikasikan teknik ini di apartemen dengan menggunakan spidol cat. Pilih warna yang sesuai dengan cat dinding, misal cat dinding apartemen Anda berwarna abu-abu pilih spidol cat berwarna putih. Gunting pola geometri yang diinginkan menggunakan kardus kemudian mulai gambar dinding menggunakan spidol.

6. Mural Pada Dinding

Membuat mural memang tidak mudah jika dilakukan sendiri. Dan pada umumnya orang akan membutuhkan bantuan dari seseorang yang sudah cukup ahli.

Agar lebih mudah, buat mural dengan pola sederhana seperti gambar gunung. Anda hanya perlu menyiapkan 3 warna cat untuk menampilkan gradasi satu sama lain dan cat dinding dengan arah gelombang hingga menyerupai hamparan grup.

7. Hias Dinding dengan Tetesan Cat

olympic residence - dinding dengan tetesan cat

Cara yang satu ini cukup seru untuk dilakukan ketika mendekorasi dinding apartemen Anda. Dibutuhkan beragam warna cat untuk melakukannya dan juga siapkan beberapa pompa jarum suntik sesuai dengan banyaknya cat.

Tidak usah isi pompa terlalu banyak karena akan merembes hingga ke lantai, cukup isi kurang lebih 3-5 ml untuk setiap pengecetan. Gunakan tangga untuk membantu Anda dan mulai teteskan cat dari dinding paling atas.

8. Dinding dengan Desain Seni Modern

Cara berikut bisa Anda kerjakan bersama anak-anak karena cukup mudah. Tempelkan beberapa selotip khusus pada salah satu dinding kamar hingga membentuk desain sebuah geometri. Setelah di tutup, cat bagian dalam bentuk geometri dengan warna yang berbeda-beda. Tunggu hingga cat mengering, kemudian lepaskan selotip.

9. Membuat Motif Chevron

olympic residence - dinding motif chevron

Motif Chevron atau zig-zag dalam sebuah desain cukup digemari saat ini karena terlihat trendi. Anda bisa mengecat dinding rumah dengan cara ini, namun tidak perlu melakukannya untuk seluruh ruangan. Cukup pilih satu dinding untuk memberikan kesan dramatis. Anda bisa mengombinasikan beberapa warna, namun jika ingin menunjukkan kontras gunakan hanya warna hitam dan putih.

10. Gunakan Teknik Ombre di Sudut Lain

Teknik warna ombre ini tak hanya digunakan di dinding saja. Anda bisa mengaplikasikannya di jendela, elemen interior berbahan linen atau pada furniture. Namun, jangan terlalu banyak mengggunakan warna ombre ini, karena akan menambah kesan terlalu ramai dan tidak enak dipandang.

Nah itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan teknik warna ombre untuk mempercantik ruangan. Warna tersebut sebaiknya hanya diterapkan di salah satu sisi dinding ruangan atau elemen interior lainnya sehingga dapat menjadi aksen yang menarik. Selamat mencoba sobat olympic!

whatsapp phone sms telegram